SEKOLAH CURANGI SNMPTN MASUK DAFTAR HITAM, SISWA BATAL LOLOS.

Jakarta, CNN Indonesia¬†—¬†Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan jika ada sekolah yang mencurangi nilai siswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maka sekolah akan masuk daftar hitam LTMPT.

Wakil Ketua I LTMPT Samsul Rizal mengatakan siswa atau orang tua bisa melaporkan adanya siswa yang memiliki peringkat nilai lebih rendah namun lolos SNMPTN pada program studi yang sama dengan siswa dengan nilai lebih tinggi namun tidak lolos.

“Kalau ada protes dari orang tua, anak saya rankingnya lebih bagus tapi kenapa (siswa) ranking yang di bawah anak saya lulus, silakan lapor ke Irjen (inspektur jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan ke kami (LTMPT),” tuturnya dalam jumpa media, Senin (22/3).

“Kita akan lakukan pengecekan. Kalau ada sekolah seperti itu pasti akan kita¬†blacklist. Dan anak akan dibatalkan kelulusannya,” tambah dia.

Samsul mengatakan LTMPT tidak berwenang menentukan peringkat nilai siswa dalam SNMPTN. Nilai siswa ditentukan dan diperingkat oleh sekolah yang kemudian diterima LTMPT dan diseleksi PTN.

Peserta yang lolos SNMPTN, kata dia, juga akan diperiksa keabsahan datanya oleh masing-masing perguruan tinggi. Menurutnya, perguruan tinggi juga bisa membatalkan kelulusan peserta yang ketahuan mencurangi data.

Jual-Beli Kursi Kosong

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LTMPT Mohammad Nasih berkeras tak ada praktik jual-beli kursi kosong di PTN melalui jalur SNMPTN. Ia meyakini integritas rektor di PTN untuk tidak melakukan praktik itu.

Ia mengatakan jika ada kursi yang tidak terisi di jalur SNMPTN karena perkara teknis, kursi itu akan dibuka kembali dan diisi oleh peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang lolos.

Selain itu, ia menegaskan LTMPT memiliki data siswa yang lolos SNMPTN, sehingga ketika rektor menetapkan surat keputusan mahasiswa baru di kampus, LTMPT akan menyinkronkan dengan data yang mereka punya.

“Seorang rektor tidak akan mengubah lampiran (data mahasiswa baru) yang telah ditetapkan karena kami punya copy dari SK rektor. Sehingga kalau ada perubahan akan tidak sinkron. Kalau rektor melakukan itu pasti ketahuan,” tuturnya.

Nasih menekankan jumlah 110.459 siswa yang lolos SNMPTN murni karena prestasinya di sekolah. Jika ada yang menemukan peserta lolos karena indikasi lain, ia meminta masyarakat segera melaporkan ke LTMPT.

“Tentu kami tangani. Kalau ada indikasi itu bisa laporkan ke kami, kalau ada kursi (dijual) sampai berapa ratus juta. Kami tekankan yang diterima itu murni karena prestasi yang bersangkutan,” lanjutnya.

LTMPT bakal membuka akses pengumuman hasil SNMPTN 2021 pukul 15.00 WIB hari ini. Hasil hanya bisa diakses oleh peserta dengan menginput data diri melalui situs resmi LTMPT atau PTN yang ditunjuk.(fey/pmg)
sumber: cnn

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *