PROSES BAP DI SATLANTAS POLRES BENGKALIS TIDAK SESUAI SOP?

Pada hari Sabtu tanggal 2 Januari jam 20.02 wib bus PO. SINABUNG JAYA 101 terlibat lakantas ‘RINGAN’ tanpa ada korban jiwa di daerah desa Semunai Bawah Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau tepatnya setelah Jembatan Semunai dari arah Pekanbaru menuju Duri di Tanjakan Tiga Kali Horas dan setelah puncak menuju turunan ‘KM SERATUS TIGA’ dari arah Pekanbaru menuju Duri, telah menabrak belakang Toyota Innova.

Terjadinya tabrakan tersebut setelah puncak tanjakan akibat pengemudi Kijang Inova rem mendadak dengan alasan ada ‘kucing yang mendadak menyeberang jalan’ (?) yang membuat mungkin kaget dan melakukan rem mendadak. Sedangkan bus kami menjelang puncak tanjakan tersebut tidak mengetahui kalau di lokasi turunan ini ada kenderaan yang rem mendadak yang untuk kenderaan kecil yang atapnya rendah memang tidak mungkin kelihatan dari belakang karena kondisi jalan yang tiba-tiba menurun tajam ke bawah. Pengemudi kami telah berupaya mengerem agar terhindar dari tabrakan walaupun ban sudah menggerus aspal jalan, tapi tabrakan tidak terhindarkan dan syukur hanya tabrakan ringan dan tidak merengut nyawa keluarga pengemudi yang duduk di bagian tengah. Seandainya rem bus tidak bekerja dengan baik dan normal, mungkin Kijang Inova ini sudah berada di posisi bus karena kebetulan bus ini mengangkut penumpang yang cukup banyak.

Perlu kami tambahkan bahwa Kijang Inova ini tidak ada lampu tanda berhenti dan sein, sehingga dengan jarak 20 meter di jalan yang cukup curam ke bawah (depan) pengemudi sudah berusaga rem paku sebanyak 2 kali berulang ulang sehingga ban sampai menggerus aspal jalan, bila bus lempar kekanan pasti korban akan banyak tidak hanya merengut nyawa keluarga pengemudi, tapi juga para penumpang bus yang pada saat kejadian penuh dengan penumpang karena libur tahun baru.

Tapi sayang, sampai hari Minggu 10 Januari 2021 jam 16.53 wib atau tepatnya hari yang ke-8 (delapan) pihak Satlantas POS-125 Kecamatan Batin Solapan dari Polres Bengkalis tidak melakukan BAP segera terhadap para pengemudi kedua kendaraan yang terlibat tersebut, sehingga kesannya Kinerja Kepolisian di Polantas Polres Bengkalis tidak sesuai SOP dalam hal penanganan perkara LAKA.

Hal ini dianggap membuat kasus ini jadi mengambang dan menjadi sulit untuk di selesaikan dengan segera karena pada hari ke-8 (delapan) belum dilakukan cek kejadian di lokasi, sedangkan pengemudi dan bus kami sudah ada di pos sejak kejadian tersebut di atas, termasuk Kijang Inova tersebut di atas.

Pihak Kijang Innova , malahan hanya mengirimkan perwakilannya ke padahal semestinya pihak pengemudi lah yang di BAP terlebih dahulu termasuk pengemudi SJ 101, bukan ‘perwakilan’.

Sampai kapan kami harus menunggu proses BAP ini dapat diselesaikan sehingga semua dapat diselesaikan baik dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku, pihak kami siap untuk menjalani proses jalan damai maupun proses hukum selanjutnya, agar ada kepastian hukum.

Semoga informasi dapat beguna bagi pimpinan instansi Kepolisian Republik Indonesia yang kita cintai ini, khususnya Polres Bengkalis Provinsi Riau agar proses ini dapat segera diselesaikan dengan baik dan benar.

Menurut penduduk sekitar lokasi kejadian, daerah tersebut merupakan salah satu lokasi rawan kecelakaan dan angker.

Sekian, terima kasih.

======

sy memang bukan orang hukum, tapi ada yg mengganjal dihati, 8hari sudah laka lantas diBengkalis sampai hari ini sudah 3x kita minta sama Kanitlaka agar kasus diBAP,setiap mau diBAP yg datang perwakilan Ormas utusan dari PKS PT SSP, kita minta hadir pengemudinya, kebetulan beliau orang penting n hebat diBengkalis ini, selalu mengatakan dia sibuk n sibuk, sekarang letak hukumnya n SOP penyelesaian kasus ini bagaimana ya kawan”, kita dibola” n dibuat jengkel

*)kami ditekan oleh ormas tsb mulai dari 30jt, satu hari kemudian naik 35jt, entah berapa lama lagi mungkin naik jadi 100juta x😎😎🤤😎

Kepada Yth Bapak KAPOLRI Jend. Idham Azis beginilah kami hadapi dilapangan, bukankah seharusnya 1x24jam, apabila tidak terjadi kesepakan kasus bisa naik n diBAP???

Rosalia Sebayang Jkn

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to PROSES BAP DI SATLANTAS POLRES BENGKALIS TIDAK SESUAI SOP?

  1. Pingback: Smart Money: The Online Gambling Industry – The Next Best Investment Frontier?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *