“TERITES” – MAKANAN KHAS KARO

Terites adalah salah satu makanan khas dan unik masyarakat Karoyang berbahan dasar rerumputan yang terdapat pada perut besar sapi, kerbau, atau kambing serta dicampur dengan berbagai jenis bumbu, sayuran,dan jeroan. Teritesmerupakan salah satu makanan yang menurut orang-orang di luar suku Karo adalah hal yang aneh, Makanan ini mempunyai nama lain,yaitu pagit-pagit ‘pahit-pahit’ yang merupakan arti yang sangat mencerminkan rasa dari masakan ini sendiri.

Terites diambil dari lambung sapi (lembu dalam masyarakat Karo). Lambung yang dalam istilah biologinya dikenal dengan sebutan rumenini di dalam masyarakat Karo disebut tuka si peduaken(usus nomor dua). Sari makanan dan nutrisi masih banyak terdapat di rumen, dikarenakan di dalam rumenhanya terjadi pencampuran, yaitu proses yang baru berlangsung melalui tahap penguraian selulase,sedangkan penyerapan sari-sari makanan ada di usus halus dan kotoran sebenarnya ada di usus besar. Dengan demikian,jelas sekali secara biologis makanan itu memungkinkan masih banyak mengandungnutrisi dan enzim.

– Utk Teman-teman yg ada di Perantauan, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya dan bahkan dari Manca Negara, Eropa, Amerika dll . . .Dengan membaca makanan Khas Karo Terites ini, mungkin bisa jadi Rindu . .Kuta Kemulihen, atau Kampung Halaman . . .Bujur ras Mejuah juah.

fb Masyarakat Adat Urung Senembah

This entry was posted in Berita, Cerita (Turi - Turin), Citarasa, Informasi Untuk Kab. Karo, Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *