Mabirsa Kembaren‚Äé
ke
KARO News
Kemarin pukul 20.40

Menurut crita kami Kembaren pengulu, pulu Gunung meriah Sampe raya dari leluhur sampai sekarang…,maka kembaren terbentuk di liang melas rih abun dari empat bersaudara datang dari Silalahi /paropo ke tanah karo di liang melas rih abun.yg bernama,
– Per ipoh ipoh sibalar ”
Dia di juluki pembuat racun ipoh yg sangat mematikan .
– “Perminak sagi”
Dia juluki manusia jadi-jadian dari harimau yg sangat besar.
PER UMANG-UMANG

-“Per umang umang”
Dijuluki manusia yg sangat gaip dan mempunyai kekuatan mistis yg sangat sakti.

-“Sijagat”
Dijuluki berbadan besar dan sangat kuat.

Dan setelah beberapa tahun merka tinggal bersama … , diantara empat ber saudara ini ,maka duluanlah Per minak sagi kawin dibanding saudaranya yg lain.

kurang lebih satu tahun mereka berumah tanga… lalu ada ladang mereka yg sudah di tanami padi sering masuk babi hutan.maka suatu hari Perminak sagi megatakan pada istrinya hari ini aku saja keladang. kamu di rumah saja…, aku tak usah bawa per bekalan …,
seperti nasiku ,tapi kamu harus ingat pesanku ini! kamu jangan coba coba membawakan nasiku keladang .,lalu istrinyapun terdiam sejenak bersamaan merasa aneh dgn ucapan suaminya tersebut lalu istrinyapun mengiakanya dgn hati penuh ke kahawatiran.

Kemudian suaminyapun berangkat sendirian keladang.sesampai dia diladang maka diapun merubah dirinya menjadi harimau yg sangat besar untuk menjaga ladang tersebut.lalu kira jam tiga siang,istrinyapun merasa kasian karna suaminya belum makan ,lalu diapun ber gegas menyiapkan nasi untuk suaminya untuk dibawanya keladang…., dan dipun tanpa sadar tlh melanggar pesan suaminya itu.

kemudian sesampai dia di ladang istrinya langsung masuk kedalam gubuknya dan , lalu ditengoknya apipun nggak ada. Kemudian….iapun trus berjalan mengelilingi ladang tersebut,,,.bahkan bekas babi hutanpun nggak ada sama sekali yg masuk, ke dalam ladang tersebut.lalu diapun trus manggil manggil suaminya itu sambil melangkah perlahan-lahan.

Kemudan diapun melihat sesosok harimau yg sangat besar datang menghapirinya,lalu harimau itu langsung menerkam dan memakan istrinya itu..sampai habis.

Kemudian dgn berjalanya waktu haripun sudah mulai hampir gelap,maka si harimau tersebutpun pulang ke gubuknya untuk merubah dirinya menjelma
mernjadi manusia lagi.

Setelah dia sadar penuh ,kemudian diapun terkejut ,melihat ranjang berisi nasi sudah ada di depanya dan rambutpun banyak ber sangkutan di giginya,lalu kemudian diapun segera lari pulang kerumah,sesampai di rumah dipun langsung menanyakan …,pada saudaranya,Apa kalian ada yg tau di mana istriku? lalu saudaranyapun mengatakan padanya kami tdk melihatnya tapi tadi siang dia masih dirumah,kemudian ada orang datang, lalu diapun mengatakan padanya bahwa istrimu tadi pergi ke ladang untuk ngatarkan nasi untukmu!….., maka mendengar kata itu Perminak sagi langsung jatuh tersungkur sambil menangis.kemudian dia berkata kepada saudaranya itu,, Aku telah berdosa….
karena aku sudah memakan istriku sendiri.

Maka aku ber sumpah!!! mulai dari sekarang aku akan pergi dari dunia manusia ini, dan kembali menjadi harimau untuk selamanya.
lalu saudaranya per umang umangpun langsung merangkulnya sambil menangis…,dan berkata pada saudaranya itu.kalau kakak mau pergi maka akupun akan pergi juga. karena apa yg kakak rasakan akupun ikut merasakanya sebab kita adalah saudara kembar yg tak bisa terpisahkan.

Maka perumang umangpun pergi dan menjadi raja umang di alam gaip untuk selamanya.

Lalu tinggalah saudaranya yg dua lagi Peri ipoh ipoh sibalar dan Sijagat,di liang melas rihabun.dan sth beberapa tahun merka tinggal bersama.

Maka suatu hari Sijagatpun ingin pergi juga merantau ke daerah langkat sapo padang.kemudian diapun mengatakan isi hatinya pada saudaranya per ipoh ipoh sibalar , mendengar apa yg dikatakan adiknya itu, iapun langsung merasa sedih…’karena semua saudaranya akan pergi meninggalkanya.lalu dgn berat hati kakaknyapun mengijinkan adiknya itu pergi untuk meranto.
Kemudian kakaknya pun ber pesan”untuk mengenang saudara kita sikembar yg tlh duluan pergi.

Maka kita adalah Sembiring sikembar yakni sembiring ”KEMBAREN” dan itu harus kau ingat!!! lalu adiknyapun memegang penuh pesan kakaknya itu.
Maka brankatlah Sijagat ke daerah langkat sapo padang dan menetap disana untuk slamanya.

Kemudian tinggalah kakaknya Peripoh ipoh sibalar di liang melas rihabun.
Lalu berpuluh puluh tahun ,banyaklah keturunan per ipoh ipoh sibalar ada juga sebagian yg ber ilmu gaip dan sangat sakti.
Dan dgn berjalanya waktu”maka lahirlah seorang anak permpuan yg sangat cantik dan melebihi kecantikan dari Putri hijo.Dia berambut panjang berkulit putih,
dan sangat lembut sekali,juga tutur bahasanyapun sopan dan memukau semua orang.

Dia dikenal dgn panggilan, Beru Semilo.dan karena kecantikanya tersebut,maka banyak Raja raja di Tanah karo saling berbutan untuk menjadikan dia istri.
Maka pada waktu itu Raja raja tersebutpun banyak berdatangan dari segala penjuru’sambil membawa pasukanya masing masing.ke liang melas di bukit nderket dekat rihabun.

Lalu mau tidak mau’ pertumpahan darahpun akan mungkin bisa terjadi,antara raja dan pengawal raja.untuk memprebutkan Beru smilo tersebut.
Maka pada saat itu, tak ada satupun yg sanggup untuk menghentikan akan terjadinya peperangan diantara para raja.
Lalu Beru Semilo naik keatas bukit tersebut,dan berkata pada semua raja raja itu.

Kalau memang kalian ingin menjadikan aku istri yg sah,maka akupun tak akan menolak permintaan kalian semua ,tapi ada satu sharat permintaan dariku !.
Aku igin disembelih di atas buikit ini dan darahku nantinya kalin usapkan pada kening kalian satu persatu, tanda bukti bahwa aku sudah sah menjadi istri kalian masing masing .lalu mendengar permintaan dari Beru semilo itu.

Maka semua orang terdiam sekitar sepuluh menit ,dan tak ada satu suarapun yg terdengar bahkan suara binatang atau burung burung sama sekali.lalu setelah itu maka para rajapun langsung tersadar,,,dan mengatakan kami sudah bersalah,,,,!
dia rela mati demi menjaga keamanan dan adat isiadat.

Lalu sharat yg suda diucapkan Beru semilo tersebut harus ditepati dan takkan bisa ditarik oleh siapapun.
Kemudian Beru semilo meminta pada pengawal raja masing masing,agar naik ke bukit itu untuk melakukan ekskusi penyembelihan terhadap dirinya sendiri, beserta segala per syharatan yg sudah dipersiapkan.
Lalu diapun berseru….! dan bersumpah dipersaksikan semua orang yg ada disekitar itu.

Kemudian diapun berkata mengucapkan sumpahnya seiring bersamaan datanya suara gemuruh beserta petir dan angin topan pada saat dia bersumpah”
Maka mulai dari sekarang …,jangan lagi ada bru Kembaren seperti aku cantiknya….agar jangan dia nanti sempat merasakan seperti apa yg aku rasakan sekarang!!!,walaupun ada nanti maka aku akan secepatnya mengambil nyawanya.

Sesudah dia mengucapkan sumpahnya itu ,kemudian diapun siap untuk disembelih di dalam kuawali yg sangt besar di atas bukit nderket tersebut.
kemudian darahnya pun di bagi bagikan sedikit sedikit kepada raja,untuk di kasih lalu ditarok di kening para raja raja itu,tanda dia sudah sah menjadi istrinya masing masing.

Maka mulai dari situ perdebatan antara para raja raja tersebutpun sudah bisa diatasi Bru semilo dengan merelakan dan mengorbankan nyawanya sendiri.
Setelah beberapa tahun kemudian muncullah mata air di bukit itu.bahkan beratus ratus tahun hingga sekarang ,maka inilah kuburan Bru semilo telah menjadi kolam menyerupai kuali lebih kurang satu hektar tempat kematian leluhur kita umumnya br Kembaren liang melas!!!
“BRU SEMILO”

Ttd: Mabirsa kembaren
-Liang melas-
TrimakasihūüôŹ‚úč‚úč‚úč‚úč‚úč

fb Mabirsa Kembaren‚Äé

This entry was posted in Berita, Cerita (Turi - Turin), Taneh Karo Simalem. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *