GBKP KU SAYANG !!

Sebagai kalak Karo (walaupun saya muslim) saya memandang GBKP masih kurang maksimal dalam “pelayanan terhadap masyarakat” Karo pada khususnya, sehingga terjadilah kesenjangan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi di daerah Karo !

GBKP sebagai sebuah lembaga terbesar dan tersebar merata di seluruh Kabupaten Karo maupun di Kabupaten tetangga, seperti Dairi, Simalungun,Deli Serdang dan Langkat hendaknya sudah harus memikirkan untuk mendirikan sebuah universitas GBKP , sehingga akan lebih banyak berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa !

Kita bisa bandingkan misalnya keluarga TD Pardede yang memiliki begitu banyak lembaga pendidikan Tinggi, hanya dengan kepemilikan tunggal, sedangkan GBKP milik mayoritas Kalak Karo tidak punya perguruan tinggi !

MODAL …

Secara keseluruhan jika kita bicarakan soal Modal untuk membangun sebuah universitas, saya kira GBKP tidak akan kekurangan modal, mengingat asetnya yang luar biasa banyaknya !
Bahkan GBKP sendiri sudah memiliki Bank Perkreditan Rakyat .

TANAH
Menurut saya lokasi tanah di Desa Sukamakmur kecamatan Sibolangit, bahkan RSU Kabanjahe yang milik GBKP sangat lah memadai untuk dijadikan sebagai sebuah kompleks perguruan tinggi.

DASAR PEMIKIRAN
Setiap tahun, alumni SLTA se Kabupaten Karo memikirkan dan berusaha untuk keluar dari Kabupaten Karo untuk mendapatkan perguruan tinggi, baik di Sumatera maupun pulau Jawa, sehingga DANA atau uang yang dimiliki oleh orang Karo yang dikumpulkan dari hasil pertanian dan perkebunan itu akhirnya di kirim ke luar daerah, sehingga perputaran uang di Karo banyak tersedot ke luar daerah .

TENAGA PENDIDIK

Saat ini banyak sekali Sarjana strata 1 ,2 dan 3 orang Karo yang berdomisili di Kabupaten Karo dan seputaran nya.
Para sarjana itu adalah yang tadinya lulusan perguruan tinggi di Sumatera dan Jawa dan mengerti benar tata perkuliahan yang baik dan bermutu !
Banyak juga para pensiunan PNS atau Dosen yang sesungguhnya masih mampu untuk mengajar tapi tidak ada tempat untuk pengabdian lanjutan paska purna tugas mereka !

RANGKUMAN.
Dari paparan yang sangat sederhana ini sebenarnya kita kalak Karo yang mayoritas adalah jemaat GBKP, sebenarnya punya POTENSI LUAR BIASA, tapi belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga uang yang keluar dari Kabupaten Karo setiap bulannya itu BELUM TERBENDUNG !

Saya sangat yakin, jika ada sebuah universitas bergengsi di Kabupaten Karo, maka rantai ekonomi di seputaran Kampus itu akan lekas terdongkrak naik pesat, berkaca dari kota Depok sebelum dan sesudah Universitas Indonesia di pindahkan ke Depok !

Pertanyaan sekarang….
APAKAH KITA AKAN TERUS MENERUS MENYIMPAN ENERGI RAKSASA ini ????
Karena sesungguhnya jika GBKP hanya membentuk karakter beragama saja, rasanya kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan peningkatan pendidikan ilmu pengetahuan yang berkesinambungan sampai ke puncak Pendidikan yakni Perguruan Tinggi tadi .

Silahkan berpendapat dan Terimakasih jika anda masih mau berbagi perhatian demi kemajuan KALAK KARO !!

MEJUAH JUAH !

Telah Karo-Karo Purba & fb

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *