UPDATE CORONA DI SUMUT: KASUS TERPAPAR NAIK TERUS, POSITIF 56, PDP 122

Medanbisnisdaily.com-Medan. Dalam 2 hari belakangan ini, tersiar bahwa 2 orang pasien positif covid-19 di Sumatra Utara, dinyatakan sembuh, yakni Anggota DPRD Sumut, Aulia Agsa, dan seorang lagi dokter.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut juga resmi merilis ke publik adanya pasien positif yang sembuh tersebut. Namun tak disebutkan siapa pasien yang sembuh itu.

“Berita kesembuhan satu orang penderita covid-19 setelah dirawat di rumah sakit, merupakan bukti nyata bahwa penyakit ini walaupun berbahaya, namun dapat disembuhkan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas, dr Wikho Irwan d Sp.B dalam konfrensi pers, Minggu (05/04/2020) sore.

Kabar kesembuhan itu, sejatinya menjadi penyejuk bagi masyarakat Sumut di tengah pandemi covid-19. Data per Minggu sore itu menunjukkan masih kencangnnya penularan virus mematikan itu di Sumut.

Wikho Irwan menyebutkan, jumlah yang terkonfirmasi positif covid-19 di Sumut meningkat 10 orang atau 17,8%, yakni menjadi 56 orang dari sebelumnya Jumat sore 46 orang.

Ia tak menyebutkan jumlah positif covid-19 yang meninggal di Sumut. Data terakhir Sabtu sore, yang meninggal 5 orang (4 positif dari hasil swab dan 1 orang rapid test).

Peningkatan juga terjadi di Pasien dalam Pengawasan (PDP). Jika hingga Sabtu sore masih 117 orang, namun Minggu sore menjadi 122 orang atau bertambah 5 orang atau naik 4%.

Namun jumlah Orang dalam Pengawasan (ODP) justru turun 156 orang, yakni dari 3.794 orang pada Sabtu sore menjadi 3.538 orang pada Minggu sore. Penurunan itu biasanya karena sudah habis masa isolasi.

Dari data terpapar corona yang masih tinggi itu, Gugus Tugas Covid-19, kata Wikho Irwan, mengimbau masyarakat Sumut untuk bahu membahu melakukan upaya-upaya pencegahan kesehatan terhadap virus itu.

“Tidak hanya untuk orang yang sakit, untuk orang yang sehat, tidak hanya petugas kesehatan, tetapi juga masyarakat umum. Semua semata-mata untuk melindungi masyarakat Sumut dari penularan virus ini,” sebut Wikho.
sumber: medanbisnisdaily
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *