PERSAMAAN FILTER OLI BUS DAN TRUK HYUNDAI

Pagi sobat sobat truk hyundai, kali ini saya mau info soal filter oli,lagi-lagi karena urusan efisiensi sparepartpun tergadai yang seharusnya rutin diganti secara berkala ini digantinya 1 tahun sekali, hadeh konsultasi sejenak dengan mekanik efect dari item ini bila terlalu lama tidak diganti, wahh mengerikan ternyata efect dari filter oli yang jarang diganti atau malah g pernah diganti, harga tak seberapa tapi membawa bencana, padahal item ini memegang peranan penting, dilihat dari namanya saja sudah jelas.

FILTER OLI BUS DAN TRUK HYUNDAI

Fungsi utama filter oli adalah menyaring kondisi oli dari kotoran gram-gram akibat gesekan mesin sehingga oli yang berputar kondisinya tetap bersih dan part yang bergesekan tidak mudah aus karena kondisi oli yang bersih.

Sebelum oli dipompakan ke komponen mesin seperti noken as dan juga poros engkol, oli tersebut disaring terlebih dahulu. Sehingga kotoran tidak ikut terbawa. Nah, kondisi filter oli menentukan kualitas oli yang dialirkan. Jika filter oli sudah penuh dengan kotoran, maka oli yang dialirkan pun akan tersendat. Bahayanya, gesekan yang terjadi antar komponen menjadi lebih tinggi. Selain itu suhu mesin menjadi lebih panas, efek terparahnya bisa bikin mesin jebol

Pada filter oli juga dipasang relief valve. Apabila elemen-eleman saringan tersumbat oleh kotoran-kotoran, maka akan terjadi perbedaan tekanan antara saluran masuk dan saluran keluar. Dan apabila sudah melebihi tekanan yang sudah ditetapkan, maka katup bypass akan membuka dan menyalurkan oli langsung ke bagian mesin yang bergerak untuk menghindari kerusakan dan keausan yang lebih fatal dan parah.

SPAREPART FILTER OLI BUS DAN TRUK HYUNDAI.

Item ini merupakan sparepart yang rutin dalam penggantian dan memang wajib untuk diganti, saat awal mula saya mencoba utuk mengganti dengan merek original dari hyundai pusat, karena sparepart ini harganya tak jauh beda dengan sparepart truk lain, namun lama-lama bosan juga harus menunggu tiap kali order.

Maka saya putuskan untuk mencari persamaan dari sparepart ini dan akhirnya jodoh pada canter 120 PS, cocok 100 %, tapi hati-hati ada 2 model filter oli ini , pilihlah yan pendek jangan yang panjang. Lagi-lagi cocok dengan mitshubisi sangat menyenangkan karena sparepart mitshubisi sudah tersebar luas dan begitu mudah untuk menemukannya.

PERINGATAN!!! :

Kinerja sistem pelumasan salah satunya tergantung pada kualitas minyak pelumas atau oli, sedangkan kualitas oli sangat tergantung pada kualitas penyaringan oleh filter oli ini, oleh karenanya lakukan penggantian filter ini secara berkala sesuai dengan operasi kendaraan atau petunjuk pabrik pembuat, agar oli selalu bersih dan dapat berfungsi dengan baik. Karena apabila kualitas oli yang buruk dapat menyebabkan komponen komponen mesin menjadi cepat aus.
sumber: solusihyundai.blogspot.com
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *