MENGATASI NOZZLE BUS DAN TRUK HYUNDAI RUSAK TERNYATA MUDAH

Apakah truk sobat terasa boros?

Biasa isi solar 100 ribu cukup sampai tangerang kini Cuma cukup sampai bekasi, hehehe, ini truk sudah tua kali ya, eiittt jangan asal tuduh dulu mesti lakukan investigasi terlebih dahulu.

NIH COBA ANALISA MENYEBABKAN TRUK TERASA LEBIH BOROS :

1. SARINGAN UDARA KOTOR

Checking saringan udara terlebih dahulu, berapa bulan tuh saringan udara tidak diganti, bila saringan kotor maka udara bersih akan terhambat masuk ke ruang bakar, sehingga konsumsi solar semakin banyak.

2. KNALPOT BOCOR

Nah tuu baut kenalpot sudah kenceng belum ,atau jangan jangan knalpot patah atau retak yang tidak terdeteksi .hal sepele namun sering sebagai penyebab solar terasa lebih boros.

3. SETELAN KLEP TIDAK SESUAI

Berapa tahun sudah truk mas bro tidak diservice, biasanya kalau diservice itu klep pasti distel sama mekanik .setelan buang dan masuk yang tidak seimbang akan menyebabkan solar menjadi boros mas bro.

4. NOZZLE BOCOR

Ini ni analisa terakhir apabila semua hal diatas sudah diperiksa dan sudah diganti dengan part yang baru namun truk masih saja teras boros, hanya mekanik yang mampu mendeteksinya gan, jadi mau ndak mau harus ke bengkel atau mekanik pool dah diberdayakan untuk mengoperasi nozzle.

Nozzel berfungsi sebagai pengabut solar yang akanmasuk ke ruang bakar, dia akan menyemprotkan solar yang sudah dikabutkan sedemikian halus supaya mudah terbakar , bagaimana jika lubang ujungnya lebar maka solar akan masuk lebih banyak tanpa pengabutan yang sempurna sehingga konsumsi solar semakin banyak.

NOZZEL HYUNDAI

inilah inti dari artikel ini yaitu Nozzle. saya belajar dari kasus saya sendiri, truk sudah berkali kali distel klep, saringan udara juga sudah di ganti, supir masih saja ngiri dengan truk tetangga yang sama speknya tapi solarnya kok irit.

Terpaksa dan mau tidak mau mencoba untuk membongkar nozzle walau pada awalnya males sekali, dari pada supir ngambek tidak mau narik, yasudah ayo kita bongkar.mekanik pun berangkat dan sreeesett Cuma 10mnt untuk membuka nozzle dan benar memang ituu kata supir dan mekanikpun mengamini bahwa nozzle sudah bocor boss, perlu dikalibari.

Akhirnya nozzle dilarikan ke bengkel kalibrasi terdekat, sepaham dengan mereka tukang kalibrasi lebih galak analisanya, malah daleman nozzle harus diganti karna jarum sudah aus dan tak bisa lagi dipakai.

SPAREPART :

Bertanya pula pada tukang kalibrasi, apa ada sparepart nya ini nozzle hyundai? Yunggu 1 hari saya check dulu boss, ternyata ini nozzle dalamannya sama dengan punya truk colt diesel, okelah ganti aja, ampun dah harganya mahal sekali 1 nozzle aja Rp.250.000, sabar sabaarr, benar saja setelah nozzle diganti truk pun iritt riiittt tarikan lancarrr

sumber: solusihyundai.blogspot.com
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *