FUNGSI DAN CARA KERJA POMPA INJEKSI DIESEL BUS DAN TRUK HYUNDAI

FUNGSI FUEL INJECTION

Sistem injeksi bahan bakar Solar merupakan jantung dari mesin diesel. Dengan proses tekanan dan menyuntikkan bahan bakar, sistem memaksa udara yang telah dikompresi dengan tekanan tinggi di ruang bakar.

Sistem injeksi bahan bakar diesel terdiri dari:

System Injection pada mesin diesel

1. POMPA INJEKSI

Komponen yang mengkompresi bahan bakar bertekanan tinggi
Komponen inilah sebagai tempat dimana solar akan dikompresi, menjadi solar bertekanan tinggi, dimana solar akan menjadi sangat halus seperti kabut.

2. PIPA TEKANAN TINGGI

Mengirimkan bahan bakar ke nozzle injection
Jumlah pipa tekanan tinggi ini disesuaikan dengan jumlah nozzel, tidak boleh ada kebocoran sedikitpun pada pipa ini, jika bocor harus segera diganti atau dilas kuningan.

3. INJEKSI NOZZLE

Menyuntikkan bahan bakar ke dalam silinder
Inilah komponen dari ujung proses injeksi, tertanan didalam blok mesin dan langsung menyuplay bahan bakar ke dalam ruang bakar.

4. POMPA FEED

Memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar
Pompa feed ini akan memompa bahan bakar yang ada di tangki bahan bakar dan mengalirkannya ke dalam filter solar kemudia masuk ke ppompa injeksi, pompa ini juga digunakan dalam kondisi darurat saat kehabisan solar, maka pompa ini harus di pompa secara manual agar bahan bakar masuk terlebih dahulu sampai ke saringan solar atas.

5. FILTER BAHAN BAKAR

Menyaring bahan bakar dari kotoran
banyak sekali kotoran yang ada di dalam tangki solar ataupun pada solar itu sendiri, filter solar akan bekerja dengan menyaring kotoran tersebut, komponen ini perlu anda ganti rutin tiap bulan agar dapat bekerja dengna baik, penyumbatan pada filter solar akan menghambat distribusi solar dari tangki ke pompa injeksi.

Beberapa jenis tangki bahan bakar juga memiliki sedimentor bahan bakar di bagian bawah filter berfungsi untuk memisahkan kandungan air dari bahan bakar.

FUNGSI SISTEM

Sistem injeksi bahan bakar diesel memiliki empat fungsi utama:

1. MENYALURKAN BBM

Elemen pompa seperti silinder dan plunger yang ada didalam pompa injeksi. bahan bakar yang dikompresi dengan tekanan tinggi ketika cam mengangkat plunger, dan kemudian dikirim ke injektor.

2. MENYESUAIKAN KUANTITAS BAHAN BAKAR

Ketika mesin mengalami perubahan kecepatan, karena suatu hal yang memungkinkan harus mempercepat kendaraan, maka akan terjadi perubahan yang konstan pula dengan komposisi udara dan bahan bakar yang disemprotkan, semakin cepat putaran mesin maka semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan.

Pompa injeksi akan merespon perubahan kecepatan itu memalalui perubahan yang disebabkan oleh tekanan pedal accelerator, melalui perubahan pada pedal accel ini maka pompa injeksi akan menyesuaikan kuantitas bahan bakar yang dikirim ke injector.

3. MENYESUAIKAN WAKTU INJEKSI

Pengapian delay adalah periode waktu antara titik ketika bahan bakar disuntikkan, dinyalakan dan dibakar dan ketika tekanan pembakaran maksimum tercapai. jangka waktu ini sangat singkat terlepas dari kecepatan mesin, timer digunakan untuk mengatur dan mengubah timing injeksi – memungkinkan pembakaran yang optimal yang akan dicapai.

Timer ini berfungsi agar bahan bakar yang disemprotkan oleh nozzel tetap sesuai dengan waktu pembakaran, jika kecepatan mesin menjadi tinggi maka waktu injeksi akan dipercepat begitupun sebaliknya, bila sistem injeksi tidak mamapu mengikuti perubahan waktu pembakaran maka mesin tidak akan hidup. Bayangkan jika timing pembakaran cepat namun bahan bakar telat di semprotkan

4. ATOMISASI BAHAN BAKAR

Proses atomisasi adalah mengubah lagi bahan bakar bertekanan tinggi dari pompa menjadi lebih halus lagi, dimana proses ini terjadi di nozzel sebelum disemprotkan ke ruang bakar, bahan bakar yang sudah halus tadi jika bertemu dengan udara bertekanan tinggi akan menghasilkan pembakaran yang sempurna atau bahan bakar semuanya terbakar tanpa ada sisa, jadi atomisasi bahan bakar ini akan membantu mesin dapat bekerja dengan sempurna pula.

Demikian kiranya yang bisa saya infokan pada kesempatan kali ini semoga menjadi pengetahuan bagi anda, terima kasih

sumber: solusihyundai.blogspot.com
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *