FILTER UDARA BUS DAN TRUK HYUNDAI

Saringan Udara (air filter): berfungsi untuk menahan kotoran (misalnya debu) yang tercampur dalam udara untuk keperluan pembakaran.

Ujung pengeluaran saringan udara dihubungkan dengan karburator (motor bensin) ataupun saluran isap (motor diesel).

Dilihat dari cara kerjanya saringan udara dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

1. Saringan udara kering.
2. Saringan udara basah

Penjelasan:

1. SARINGAN UDARA KERING.

Konstruksinya sangat sederhana, dimana udara dilewatkan pada elemen penyaring (terbuat dari kertas, kawat kasa, spon busa, dll).Seringkali elemen penyaring dibasahi dengan sedikit minyak utk mempertinggi daya ikat terhadap kotoran yang melewatinya.Kotoran yang terikat lama kelamaan menyebabkan kotornya elemen penyaring yang dapat menimbulkan gangguan kerja motor, maka pada sejumlah jam kerja tertentu diperlukan pencucian elemen penyaring.

2. SARINGAN UDARA BASAH.

Berbeda dengan saringan udara kering, disamping menggunakan elemen penyaring, konstruksinya ditambah dengan panci minyak.
Minyak digunakan untuk mengikat kotoran yang tercampur udara, maka kemampuan minyak mengikat kotoran sangat tergantung dari tinggi rendahnya permukaan minyak. Jika permukaan minyak terlampau tinggi menyebabkan motor berjalan terlampau cepat, dan jika terlampau rendah menyebabkan kurang sempurnanya proses penyaringan.

Pada truck Hyundai sendiri menggunakan saringan udara kering karena konstruksinya menggunakan elemenn – elemen untk mengalirkan udara ke mesin

CARA KERJA FILTER UDARA

Filter udara memiliki peranan penting untuk mesin ,ketika mesin beroperasi vacum akan menyedot udara luar yang mengandung banyak partiekl seperti debu, dll. yang berpotensi merusak mesin. pada saat bersamaan udara kotor akan melewati filter udara terlebih dahulu sehingga patikel partikel tadi akan tersaring di filter udara, jadi filter udara bertindak sebagai sistem pembersih.

Namun seiring waktu partikel partikel udara tadi akan menumpuk di saringan udara. sesekali filter udara harus di bersihkan danbila sudah waktunya untuk pengggantian maka haruslahdi ganti agar kerjanya maksimal,

PERAWATAN

Agar udara yang masuk ke ruang mesin tetap bersih,dan tenaga mesin juga tetap prima, Jangan anggap enteng saringan udara , jika saringan ini tersumbat kotoran maka mesin akan meraung raung, maka kita harus melakukan perawatan pada saringan udara ini salah satunya dengan:

1. Membersihkan kotoran yang menempel pada saringan udara dengan menyemprot memakai kompresor

2. Lakukan penggantian jika element sudah rusak.

SPAREPART:

Lagi lagi saya kesulitan untuk mencari persamaan untuk item yang satu ini, pernah saya ingin memasang saringan milik truck mitshubisi namun ia terlalu kecil,dan tidak sesuai pula. Akhirnya saya pesan lagi langsung ke Hyundai walau harganya tidak terlalu mahal namun waktu menunggunya ini yang bikin bête, lama sekali harus indent.,jadi untuk filter udara ini kita harus bener mencari yang asli, kisaran harga. 120-150 orisinil.

sumber: solusihyundai.blogspot.com
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *