BUS & TRUK HYUNDAI FUNGSI FILTER SOLAR DAN PERSAMAANNYA

Filter solar – Filter solar merupakan salah satu komponen penting pada system bahan bakar. Filter solar yang dimiliki oleh mesin diesel minimal ada 2, yaitu filter solar yang berada di bawah dan filter solar yang berada diatas menempel pada mesin. kedua jenis filter ini memiliki fungsi yang berbeda pula.

Pada truk hyundai pun sama karena dia juga menggunakan mesin diesel sudah pasti memakai filter solar, filter solar yang ia miliki ada 2, diatas dan dibawah, sebenarnya masih ada satu lagi filter solar yang ada di tangki bahan bakar adanya di bagian dasar dari tangki.

FUNGSI FILTER SOLAR

1. FILTER SOLAR BAWAH

Filter solar bawah berbentuk kisi-kisi kertas sebagai media penyaringnya. fungsi dari filter ini adalah sebagai penyaring solar dari tangki bahan bakar yang akan menuju ke filter solar atas. solar yang ada di tangki bahan bakar bisa saja amat kotor tercampur berbagai macam benda, bisa pecahan kulit kayu kadang ikut masuk, lumpur dan bahkan air, karena kondisi solar di pasaran memang begitu adanya, kotor.

Filter solar bawah ini akan melakukan tugas yang berat karena pengalaman saya banyak sekali kotoran yang akhirnya mengendap di filter, jika anda tidak rajin mengganti atau membersihkannya akan mengakibatkan mesin brebet, terkadang kotoran mampet di selang yang akan menuju ke filter, amat sering saya menemukan kotoran yang menyumbat di selang ini, maka dari iti ketika anda mengganti atau membersihkan filter ini jangan lupa untuk melepas selang dan bersihkan kotoran yang mungkin ada.

Cara mengganti filter solar bawah ini amat mudah saja, kalau ditruk hyundai anda harus sediakan kunci “22”, cukup kendorkan baut yang ada dibawah kemudian filter bisa anda lepas. harga filter bawah ini relatif sangat murah, soo anda perlu untuk menggantinya sebulan sekali atau per 5000 km.

Pernah suatu saat mengalami kerusakan akibat filter bawah ini sudah terlalu kotor, hingga truk baru berjalan beberapa kilo mati, solar dipompa lagi kemudia mati lagi setelah beberapa kilometer, dalam kondisi yang darurat seperti ini, saya sering membuang saringan solar yang bawah, truk bisa lancar namun harus segera diganti filter solar bawah yang sudah hilang tadi.

2. FILTER SOLAR ATAS

Filter solar atas ini bentuknya lebih kacil dari pada filter bawah, fungsi dari filter atas ini adalah menyaring kembali solar yang berasal dari filter bawah dan mengalirkan ke pompa injeksi, solar yang berasal dari filter bawah perlu untuk di saring kembali agar bahan bakar benar-benar bersih saat masuk ke pompa solar, karena bahan bakar yang akan masuk ke pompa injeksi harus steril dari benda-benda yang mungkin akan menutup lubang-lubang di pompa solar.

CARA MEMBUKA FILTER SOLAR ATAS

Ada perbedaan cara membuka filter slar atas ini, anda harus memiliki tool khusus agar dapat membuka filter, kunci ini ada dua macam dengan rantai dan belt, menurut saya lebih baik anda menggunakan yang belt, karena pengalaman dengan rantai filter solar terkadang malah penyok saat proses pengencangan, kalau dengan belt relatif lebih aman.

Penggantian part ini bisa anda lakukan satu paket dengan filter bawah karena harganya juga murah,

3. FILTER SOLAR DI TANGKI

Satu lagi filter solar yang terkadang luput dari pantauan, ialah filter solar yang ada di tangki bahan bakar, filter solar ini menyaring bahan bakar yang disedot oleh pipa solar menuju filter bawah, letaknya ada di ujung tangki, ada yang menempel pada pipa tapi ada juga yang menempel pada baut pembuangan tangki yang ada dibawah.

Pengalaman dengan filter solar ini ketika truk baru ganti filter atas bawah namun mesin masih brebet terus malah cenderung sering mati, ini adalah ciri bagi bahan bakar yang tersendat, karena filter atas bawah baru tidak mungkin jika solar brebet, tanpa diduga sebelumnya bahwa ada lagi filter solar yang terletak ditangki, filter ini sudah benar benar kotor dan menutupi pipa.

cara paling efectif yang sering saya lakukan adalah membuang saja saringan yang di tangki tersebut, karena filter ini susah membongkar serta kontrolnya, maka biarkan saja tidak usah pakai saringan yang di tangki.

Bagaimana dengan filter solar atas bawah truk hyundai?

Tidak perlu risau dengan sparepart yang satu ini, filter solar baik atas ataupun bawah dari truk hyundai sudah ada persamaannya,bisa anda ganti dengan menggunakan filter solar dengan truk lain, jika filter solat atas bisa anda ganti dengan canter 120 atau anda juga bisa menggunakan milik Fuso yang agak panjang, karena pengalaman dengan canter suka cepet bocor dibagian baut atas.

Sedangkan untuk filter bawahnya anda bisa gunakan mitsubishi PS100, sejauh pengalaman saya filter itu cukup awet.

Demikian kiranya yang bisa saya informasikan untuk artikel filter slar truk hyundai, semoga membantu dan tolong ditambahkan jika ada salah dalam penulisan maupun salah dalam solusi. terima kasih

sumber: solusihyundai.blogspot.com
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *