BASKAMI GINTING PERTANYAKAN GUBERNUR, BIAYA NATAL MASYARAKAT SUMUT TIDAK DIANGGARKAN?

RADARMEDAN.COM – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting akan mempertanyakan kepada Gubernur Edy Rahmayadi soal anggaran perayaan Natal Kristen Sumatera Utara. Pasalnya, tahun 2019 ini tidak ada anggarannya, padahal setiap tahun ada anggarannya Rp 1 miliar lebih dan untuk Natal 2019 sudah diketok.

Hal itu diungkapkan Baskami ketika menerima panitia Natal Oikoumene PGI Sumatera Utara, Rabu (4/12) di ruang kerjanya. Panitia yang hadir dipimpin Ketua Umum Dr Maruli Siahaan didampingi Ketua pelaksana Pdt Martin Manullang MM MTh dan seksi ibadah Pdt Agus Sibarani.

Pada audiensi tersebut, Baskami mempertanyakan tentang perayaan Natal masyarakat Kristen Sumut yang sudah berlangsung sejak tahun 2008 hasil rekomendasi Forum Komunikasi dan Koordinasi Gereja-gereja Sumatera Utara (FKKGSU), waktu itu DR GM Panggabean (almarhum) ikut sebagai pencetusnya.

Baskami terkejut ketika panitia Natal PGI ini mengatakan, perayaan Natal Kristen Sumut tidak dilaksanakan karena tidak ada anggarannya dari Pemrov. “Lho, kenapa tidak ada anggaran, kan sudah kita masukkan dalam anggaran APBD 2019, itu sudah diketok. Nanti saya tanyakan kepada Gubernur Edy Rahmayadi,” ucap politisi PDI Perjuangan ini.

Perayaan Natal Sumut tersebut pertama sekali diketuai Ir GM Chandra Panggabean berlangsung sukses dihadiri sekitar 100.000 massa di stadion Teladan Medan. Tahun kedua (2009) masih diketuai Ir GM Chandra Panggabean dilaksanakan di lapangan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) Silangit, Kecamatan Siborongborong, Tapanuli Utara.

Natal Sumut ini terakhir kali dirayakan tahun 2017 di GBI Rumah Persembahan, Medan Selayang diketuai Antoni Siahaan yang waktu itu menjabat sebagai Kadis Perhubungan Sumut. Pada tahun 2018, perayaan Natal Sumut ini ditiadakan karena disatukan dengan perayaan Natal Nasional di Gedung Serbaguna Pemrov Sumut, Jalan Pancing yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Pada pertemuan itu, Maruli Siahaan meminta kesediaan Baskami Ginting hadir dan memberi kata sambutan pada perayaan Natal nanti. Baskami pun mengatakan akan menyempatkan hadir meskipun jadwal tugas-tugasnya sangat padat. Kepada masyarakat Sumut, Baskami mengimbau agar ikut meramaikan suka cita Natal Oikoumene yang digelar PGI Wilayah Sumut ini.

“Mari kita sukseskan perayaan Natal ini dengan penuh sukacita. Karena inilah momennya kita umat Kristen se- Sumut bisa bertemu untuk merayakan kelahiran Juru selamat Tuhan Yesus Kristus. Mari kita jalin persatuan dan kesatuan, jangan ada skat-skat di antara kita, karena meski kita berbeda gereja tapi kita satu dalam Kristus,” tuturnya. (M10/c)/hariansib/PE/red
sumber: radarmedan
fb Bus Sinabung Jaya
wa Sinabung Jaya grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *