PROYEK MRT FASE II GANDENG PERUSAHAAN INGGRIS

JAKARTA – PT MRT Jakarta menggandeng perusahaan Inggris mengembangkan fase dua MRT rute Bunderan Hotel Indonesia (HI) – Kampung Bandan, Jakarta Utara. Kerja sama ini terutama menyangkut peningkatan bidang pelayanan dan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dirut PT MRT Jakarta, William Sabandar mengaku telah merangkul perusahaan Crossrail International Ltd, karena berpengalaman dalam operasional MRT di London dan kota bersar lain di Inggris.

Apalagi, saat ini, Crossrail International Ltd, tengah membangun proyek kereta api terbesar di Eropa sepanjang 118 kilometer.

Sementara itu, PT MRT Jakarta tengah melanjutkan konstruksi MRT fase dua sepanjang 16 kilometer. Sedangkan pihak crossrail berpengalaman sejak 1880 lalu dalam bidang perkeretaapian.

“Kami bisa belajar dari pengalaman Inggris, karena sekarang baru mengerjakan yang 16 kilometer. Itu pun baru sekitar 20-30 persen dari rencana yang tengah dikerjakan Crossrail sekarang,” ujar William, Kamis (2/5).

Untuk kerja sama itu, PT MRT Jakarta bersama Crossrail Company Ltd sudah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

BERBAGI PENGALAMAN

Dubes Inggris untuk Indonesia dan negara ASEAN, Moazzam Malik mengatakan, Inggris khususnya Crossrail ingin membantu dan membagikan pengalaman kepada Indonesia, karena memiliki pengalaman yang sangat matang.

“Jadi ada banyak pengalaman yang bisa dibagikan dengan teman-teman di Jakarta. Ini salah satu keperluan yang sangat penting, tidak hanya ibukota, tetapi pembangunan negara juga,” katanya.

Menurut Moazzam, melalui kerja sama yang sudah ditandatangani itu, pihaknya berharap MRT Jakarta nantinya setara kereta di London dan negara Eropa.

“Kami berminat berbagi pengalaman bukan saja dengan MRT Jakarta, tetapi juga KAI dan Kementerian Perhubungan, bagaimana cara untuk mempercepat proses pembangunan infrastruktur transportasi di Jakarta,” pungkasnya. (john)
sumber: poskotanews
fb Bus Sinabung Jaya
wa SINABUNG JAYA grup

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *