CARA MENGATASI KERUSAKAN PADA HIDROLIK CUCI MOBIL

Cara mengatasi kerusakan pada hidrolik cuci mobil yang mungkin saat ini sedang anda alami. penyebab atau indikasi kerusakan pada hidrolik cuci mobil disebabkan karna beberapa faktor antara lain:

A. HIDROLIK CUCI MOBIL “TURUN SENDIRI”.

Jika Hidrolik cuci mobil anda turun sendiri hal ini di karna adanya kobocoran udara baik pada komponen Hidroliknya maupun pada Instalsinya, diantaranya:

A.1. KEBOCORAN PIPA INSTALASI

Kebocoran pipa istalasi sering terjadi karna factor usia instalasi yang sudah tua, atau keadaan udara/alam dengan kadar garam tinggi yang sering menyebabkan pipa instalasi cepat karatan atau korosi. Hal ini sering terjadi pada daerah pinggiran laut atau kawasan air payau. Cara mengatasinya dengan mencari tau letak kebocorannya dan segera lakukan pergantian atau di tambal.

A.2. KERUSAKAN PADA SEAL HIDROLIK

Kerusakan seal juga dapat menyebabkan hidrolik turun sendiri. gejala dan ciri kerusakan pada seal terlihat adanya rembesan oli disekitar seal atau bahkan melekat pada piston saat hidrolik diangkat.

Cara Mengatasinya ganti seal dengan yang baru.

A.3. ANGIN PALSU

Adanya angin palsu pada hidrolik juga dapat menyababkan hidrolik turun sendiri, penyebab terjadinya angin palsu dikarnakan pada saat melakukan penambahan oli hidrolik, sepuyer angin tidak dibuka/lepas, sehingga angin yang terdapat pada sepuyer hidrolik menyebabkan tekanan balik yang dapat menyababkan hidrolik turun. Biasanya hidrolik tidak turun sampai habis, hanya ada hentakan sedikit turun pada saat piston diangkat.

Cara mengatasinya: Turunkan piston sampai habis, buka lubang pengisian Oli pada Hidrolik dan buka sepuyer angin dan dibiarkan minimal 15 menit sampai gelembung-gelemung pada oli habis, lalu tutup kembali.

A.4. KEBOCORAN PADA BUSING / ORING HIDROLIK

Kasus kebocoran pada busing / Oring hidrolik sangat jarang terjadi, sekala kerusakan 100 berbanding 1. Namun jika adanya kebocoran pada busing / Oring, akan menyebabkan hidrolik turun sendiri. Ciri busing / Oring bocor adanya rembesan oli yang banyak disekitar seal atau penutup seal.

Solusinya anda harus kontak tehnisi dan mengganti busing/Oring yang baru.

B. PENYEBAB HIDROLIK CUCI MOBIL NGEJEDAK SAAT PISTON NAIK PADA POSISI FULL.

Penyebab piston hidrolik ngejedak di dikarnakan adanya ruang piston hidrolik yang kosong dari oli, sehingga tekanan udara tidak tertahan oleh oli dan mengakibatkan piston hidrolik naik ngejut/ngejedak. Pada kasus tertentu, jika oli benar-benar kosng, hal ini dapat menyebabkan piston melompat dari selongsongannya, (Fungsi utama oli pada hidrolik adalah untuk menahan tekanan udara agar naik dan turunnya pelan).

Cara Mengatasi: Tambahkan oli pada hidrolik, atau hubungi teknisi untuk informasi / petunjuk lebih lanjut.

C. PENYEBAB HIDROLIK TIDAK DAPAT MENGANGKAT MOBIL.

Pada saat hidrolik tidak dapat mengangkat mobil jenis tertentu itu bukan karna kerusakan daya angkat hidrolik. Peyababnya adalah suplay/kompresi udara dari kompresor yang kurang besar. Biasanya hal ini terjadi pada saat mengangkat mobil minibus yang berbobot berat seperti pajero, fortuner, land cruser, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi: Ganti atau tambah kompresor yang lebih besar.

D. PENYEBAB HIDROLIK TIDAK DAPAT TURUN PADAHAL UDARA DALAM PISTON SUDAH HABIS

Hal ini biasanya terjadi pada Hidrolik cuci mobil yang masih baru, penyebabnya adalah factor pemasangan dan perakitan hidrolik dari pabrik. Solusinya putar piston sedikit demi sedikit hingga piston hidrolik beranjak turun. Dan jika piston tidak juga bisa turun padaha sudah diputar, segera hubungi perusahaan tempat anda membeli alat untuk meminta solusi terbaiknya.

sumber: inticiptakarya.
fb: Bus Sinabung Jaya
fb: JAYA PERSADA MOTOR
wa SINABUNG JAYA grup

https://web.facebook.com/sembiringrophian/videos/pcb.302753993838916/2199864626722506/?type=3&theater&ifg=1
https://web.facebook.com/groups/293106971470285/

This entry was posted in Berita, Informasi Mobil dan Motor. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *