KENAPA HANDPHONE DILARANG DI PESAWAT ?

Didalam pesawat para penumpang selalu diinstruksikan untuk mematikan HP oleh para pramugari karena dapat mengganggu sistem komunikasi dan sistem navigasi pesawat, Inilah Alasan Kenapa Dilarang Mengaktifkan HP di Dalam Pesawat dan perlu diperhatikan oleh semua penumpang.

5 ALASAN KENAPA DILARANG MENGAKTIFKAN HP DI DALAM PESAWAT

Pesawat merupakan alat transportasi udara yang sering digunakan oleh banyak orang karena sangat cepat dan efektif. Sistem didalam pesawat menggunakan sistem komunikasi dan sistem navigasi. Sistem ini dapat mengalami gangguan jika ada sinyal HP didekatnya sehingga inilah mengapa kita dilarang mengaktifkan HP di dalam pesawat.

Ada beberapa alasan lain mengapa setiap penumpang harus mematikan HP mereka yaitu:

1. Tahun 1991, Federal Communications Commision (FCC) telah mulai melarang para penumpang untuk menghidupkan HP mereka dengan alasan frekuensi radio yang dipancarkan HP dapat mengganggu bahkan merusak sistem komunikasi pesawat. Tetapi pada tahun 2005 FCC telah melakukan pencabutan larangan tersebut dengan syarat tertentu.

2. Tahun 2006, Federal Aviation Administration (FAA) melakukan penelitian dan pengamatan terhadap dampak dinyalakannya HP didalam pesawat selama pesawat beroperasi dan hasilnya adalah tidak ditemukan bukti kuat yang menyatakan bahwa menyalakan HP selama penerbangan dapat mengganggu sistem dalam penerbangan. Sehingga FAA setuju dengan keputusan awal bahwa dimungkinkan adanya gangguan sistem jika menyalakan HP selama penerbangan.

3. FAA setuju dengan FCC sehingga memberlakukan larangan menyalakan HP disemua penerbangan.

4. Mengapa dilarang menyalakan ponsel di pesawat?

Boeing telah melakukan pengujian dan penelitian terhadap 16 HP dan hasilnya adalah HP tidak hanya menghasilkan emisi difrekuensi operasi tetapi juga menghasilkan emisi lain dalam sistem komunikasi dan navigasi. Selain itu semua perangkat elektronik menghasilkan radiasi elektromagnetik.

5. Memang selama ini belum ditemukan adanya kasus kecelakaan pesawat dikarenakan penggunaan HP tetapi menyalakan HP dalam penerbangan sudah terbukti dapat mengganggu sistem komunikasi pesawat seperti yang pernah dialami oleh pilot Canadair.

Inilah alasan kenapa dilarang menyalakan ponsel di dalam pesawat dan beberapa penerbangan internasional telah menggunakan beberapa cara untuk mengantisipasi hal ini seperti yang telah dilakukan oleh Qatar Airways yang menyediakan layanan penggunaan ponsel dalam gelembung telekomunikasi, sehingga para penumpang dan awak pesawat tidak perlu khawatir untuk menyalakan HP didalam pesawat.

APAKAH ANDA SUDAH TAHU APA SAJA LARANGAN YANG ADA DIPESAWAT?

Berikut daftar larangan selama penerbangan dan penjelasannya:

1. DIHARUSKAN UNTUK MELIPAT MEJA DAN MENAIKKAN SANDARAN KETIKA TAKE OFF DAN LANDING.

Hal ini darus dilakukan untuk mempermudah proses evakuasi jika terjadi masalah saat take off dan landing.

2. DILARANG MENYALAKAN SEMUA PERANGKAT ELEKTRONIK YANG MEMANCARKAN GELOMBANG RADIO.

Larangan ini dibuat karena gelombang radio yang dipancarkan oleh perangkat elektronik ini dapat mengganggu sistem komunikasi dan sistem navigasi pesawat selama penerbangan.

3. DILARANG MENUTUP JENDELA SAAT TAKE OFF DAN LANDING.

Larangan ini bertujuan agar pramugari dan penumpang dapat melihat kondisi sekitar pada saat take off dan landing, jadi ketika terjadi masalah pada proses tersebut pramugari dan seluruh penumpang dapat bertindak cepat untuk keluar dari sebelah mana.

4. DILARANG MENARUH ZAT CAIR ATAU MINUMAN DIBAGASI KABIN.

Larangan ini diberlakukan untuk menghindari terjadinya ledakan dari zat cair tersebut karena zat cair tersebut akan mengalami tekanan yang cukup besar.

5. DIWAJIBKAN MENGENCANGKAN SEAT BELT SAAT TAKE OFF DAN LANDING.

Hal ini bertujuan agar penumpang tidak mengalami benturan karena saat take off dan landing pesawat mengalami guncangan yang cukup keras.

Inilah Alasan Kenapa Dilarang Mengaktifkan HP di Dalam Pesawat dan penjelasan mengapa terdapat beberapa peraturan didalam pesawat.

sumber: skylibrarys.wordpress
fb: Bus Sinabung Jaya
wa SINABUNG JAYA grup
www.sinabungjaya.com

This entry was posted in Berita, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *