6 KESALAHAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MEMBERSIHKAN BAN MOBIL

Kondisi ban mobil yang sangat kotor tentu saja akan menggangu penampilan mobil walaupun mobil tersebut masih baru dengan cat yang mengkilap.
Ban atau pelek merupakan salah satu bagian eksterior mobil yang turut menentukan penampilan mobil secara keseluruhan.

Ban merupakan komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan, artinya ban akan cenderung cepat kotor dibandingkan dengan bagian mobil yang lain, oleh karena itu ban juga perlu dibersihkan secara rutin agar penampilannya selalu indah.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci ban mobil.

1. MENCUCI BODY MOBIL TERLEBIH DAHULU.

Walaupun sudah nampak jelas, namun perlu diperhatikan: Karet ban merupakan bagian mobil yang paling kotor.
Selain lumpur yang menempel pada permukaan ban, terdapat juga kotoran berupa debu kanvas rem yang mengotori permukaan pelek. Kotoran tersebut harus segra dibersihkan jika tidak ingin kotoran tersebut menjadi keras dan menimbulkan korosi pada pelek mobil.

Cucilah ban terlebih dahulu karena itu adalah bagian yang paling kotor, dengan melakukan hal tersebut akan menghindari kotoran akan mengenai body mobil yang bersih karena sudah dicuci terlebih dahulu.

2. MEMBERSIHKAN SELURUH RODA SECARA BERSAMAAN.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama agar dapat membersihkan kotoran yang menempel pada keempat ban dan pelek mobil secara sempurna.

Membersihkan ban-ban mobil secara bersamaan dengan car mengelilingi mobil tidak membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih cepat.

– Pertama, Anda akan merasa cepat lelah saat melakukannya.

– Kedua, Anda tidak ingin air, sabun dan bahan kimia menjadi kering saat Anda beralih ke tahap berikutnya.

Jadi, cuci dan bersihkan satu roda sampai selesai sebelum berpindah ke roda berikutnya.

3. MENGGUNAKAN BAHAN PEMBERSIH DENGAN KANDUNGAN ASAM (MENGGUNAKAN SABUN PENCUCI PIRING).

Saat ini dipasaran tersedia berbagai jenis bahan pembersih. Oleh karena itu perhatikan label pada pembersih tersebut dengan seksama sebelum memutuskan untuk dibeli. Zat asam memang bagus untuk membersihkan debu kanvas rem yang menempel pada pelek mobil namun saat yang bersamaan zat tersebut juga dapat mengikis lapisan pelindung pelek (clear coat). Clear coat berfungsi untuk melindungi pelek dan menjaga penampilannya tetap mengkilap. Jadi saat akan membeli pembersih yang sesuai, pilihlah yang kandungan nilai PH-nya netral.

Bagaimana dengan menggunakan sabun untuk pencuci piring…?

Jangan mkenggunakan jenis sabun ini terlalu sering. Sabun pencuci piring digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di piring. Banyak orang yang menggunakan sabun ini untuk mencuci body kendaraan, memang harganya lebih murah dan dapat membersihkan lemak dari permukaan benda. Namun yang kita butuhkan saat membersihkan ban mobil bukan hanya lapisan minyak. Pada roda yang kotor menempel bahan-bahan yang lebih keras yang tidak akan hilang jika dicuci dengan sabun pencuci piring biasa.

4. Menggunakan air dari dalam ember untuk membersihkan roda

Jika Anda melakukan kesalahan ini maka akan muncul goresan-goresan pada pelek mobil. hal yang sama juga berlaku pada bagian mobil yang lain. Jangan langsung menggosok permukaan pelek menggunakan busa dari dalam ember karena kemungkinan masih ada partikel keras yang menempel, sebaiknya semprot dahulu dengan menggunakan air mengalir dari selang sambil menggosok permukaan roda.

Gunakan busa yang mengandung sabun saat menggosok permukaan roda agar lebih licin dan menghindari adanya goresan.

5. MENGGUNAKAN SIKAT GIGI UNTUK MEMBERSIHKAN PELEK

Memang adalah hal yang baik jika kita dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dalam melakukan berbagai pekerjaan. Tapi penggunaan sikat gigi apalagi yang bekas tidak baik digunakan membersihkan pelek. Bulu-bulu sikat gigi terlalu kaku dan pendek. Permukaan pelek juga terlalu besar dibersihkan menggunakan sikat gigi sehingga kurang efektif. Untuk membersihkan pelek gunakanlah sikat khusus dengan bulu yang lebih lembut dan tidak abrasif. Perhatikan bagian baut roda yang biasanya debu kanvas rem banyak menempel disana.

Setelah membersihkan ban dan pelek segera bilas menggunakan air bersih.

6. MENGGUNAKAN BAHAN CHAMOIS ATAU LAP HANDUK UNTUK MENGERINGKAN PELEK

Apabila roda sudah terlihat bersih dan mengkilap maka harus segera dikeringkan sebelum memberikan sntuhan akhir. Jangan biarkan roda mengering dengan sendirinya karena akan meninggalkan bekas air yang tidak enak dilihat.

Bahan apa yang cocok untuk mengeringkan roda..?

Seperti biasa jika menyangkut detailing, gunakanlah lap microfiber. Jangan menggunakan lap bahan chamois. Lap microfiber merupakan bahan yang mampu menyerap air tanpa menimbulkan goresan pada permukaan pelek. Lap chamois mempunyai permukaan yang terlalu lembut dan dapat memerangkap kotoran yang kemudian menggores permukaan pelek.

Setelah semua pekerjaan tersebut selesai, langkah terakhir adalah dengan memoles pelek dengan menggunakan wax. Oleskan bahan ples dan biarkan selama 10 -15 menit.
sumber: montirpro.com
fb Bus Sinabung Jaya
wa SINABUNG JAYA grup

This entry was posted in Berita, Informasi Mobil dan Motor. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *