LSM MATA APRESIASI KEJARI KARO UNGKAP DUGAAN KORUPSI TUGU MEJUAH-JUAH

Bupati Karo Diminta Segera Copot Kadis Tarukim dan PPK

Tanah Karo (SIB) -Ketua LSM Mata Karo Lloyd Reynold Ginting Munthe SP didampingi Sekretaris Cristobon Tarihoran mengapresiasi kinerja Kejari Karo dibawah pimpinan Gloria Sinuhaji SH MH dan Kasipidsus Dapot Manurung SH dalam mengungkap dugaan korupsi pembangunan tugu mejuah-juah dengan pagu anggaran senilai Rp 679.573.000 yang ditampung dalam APBD Karo Tahun Anggaran 2016.

“Ini merupakan prestasi yang sangat baik, karena kasus ini sangatlah rumit dan membutuhkan waktu yang begitu lama untuk mempelajari dan menelaah, apa penyebab ambruknya tugu tersebut dalam proses pengerjaannya. Tentunya pihak penyidik harus hati-hati dan penuh dengan ketelitian agar bukti-bukti penyimpangan yang didapatkan benar-benar akurat. Dan telah menetapkan empat tersangka dalam kasus itu,” ucap Lloyd Reynold Ginting dan Cristobon Tarihoran kepada wartawan di Kabanjahe, Senin (6/8) ketika dimintai tanggapannya.

Menurut Ginting, kinerja Kejari Karo yang melakukan upaya serius pemberantasan tindak pidana korupsi diharapkan tetap konsisten mengawal dan mengusut persoalan tindak pidana korupsi yang ada di daerah itu.

“Ini langkah maju yang diperlihatkan jajaran Kejari Karo untuk mengusut tindak pidana korupsi dan patut diberikan dukungan semua pihak, agar menimbulkan efek jera kepada Aparatur Sipil Negera (ASN) di daerah ini agar tidak melakukan korupsi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan penetapan 4 orang tersangka di antaranya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) berinisial RT dan Kepala Dinas Tarukim Karo berinisial CT sesuai dengan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, agar Bupati Karo segera mengganti kedua oknum pejabat bersangkutan agar mereka bisa fokus menghadapi kasus hukumnya dan aktifitas instansi juga tidak terganggu.

Sebagaimana disiarkan SIB sebelumnya, Kejari Karo menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan tugu mejuah-juah dengan pagu anggaran senilai Rp 679.573.000 yang ditampung dalam APBD Karo Tahun Anggaran 2016.

Keempat tersangka masing-masing RT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Ir EPS (rekanan dan pelaksana kegiatan), RHS selaku Direktur CV Askonas Kontruksi Utama dan CT selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Dan pada saat ini CT menjabat sebagai Kepala Dinas Tarukim Kabupaten Karo.

Ketika hal itu dikonfirmasi ke Kajari Karo Gloria Sinuhaji melalui Kasie Pidsus, Dapot Manurung SH melalui telepon selulernya, Minggu (5/8) mengakui keempat tersangka ditetapkan dalam kasus dugaan korupsi pembangunan tugu mejuah-juah. (BR2/f)
sumber: hariansib
fb: Bus Sinabung Jaya
wa SINABUNG JAYA grup

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *