3 ALASAN KENAPA PECINTA KOPI HARUS DATANG KE SUMATERA UTARA

SUMATERA Utara selama ini terkenal dengan keindahan alamnya, mulai dari Danau Toba, Berastagi, Nias hingga Bukit Lawang dan Tangkahan. Tapi mungkin orang-orang di luar Sumatera Utara belum tahu banyak bahwa Sumatera Utara juga memiliki daya tarik lain: kopi. Pecinta kopi seharusnya memiliki alasan untuk mengunjungi provinsi yang satu ini dikarenakan Sumatera Utara memiliki beragam potensi di bidang kopi yang sudah sepatutnya digali. Mau tahu tiga alasan kenapa pecinta kopi harus traveling ke Sumatera Utara? Berikut alasannya.

Mengunjungi Perkebunan Kopi

Diberkatilah tanah Sumatera Utara yang di beberapa wilayahnya menjadi lahan terbaik tempat tumbuhnya kopi dengan suburnya. Jika kamu seorang pecinta kopi, rencanakanlah single origin trip ke berbagai perkebunan kopi di Sumatera Utara. Daerah-daerah Sidikalang, Berastagi dan sekitar Tanah Karo, serta Samosir menjadi tujuan menarik buat kamu yang ingin terjun langsung melihat kebun kopi. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertemu langsung petani dan ikut melakukan panen raya jika waktu kedatangan kamu pas dengan waktu panen. Perkebunan yang tersebar di Sumatera Utara luas dan banyak sekali. Jadi pastikan kamu tidak mengunjungi provinsi yang satu ini dalam waktu singkat ya.

Menikmati Ngopi di Kedai Kopi Legendaris

Setidaknya ada dua kedai kopi legendaris yang telah berdiri lama. Kami bisa merasakan ngopi dengan suasana dan cita rasa masa lalu jauh sebelum masuknya Third Wave Era seperti sekarang. Di Medan, kedai kopi legendaris tersebut bernama Kedai Kopi Apek yang berada di Pasar Hindu daerah Kesawan. Dulunya Kedai Kopi Apek bernama Kopi Mieng Hao. Di sini kamu bisa mencicipi kopi tiam khas masa lalu ditambah roti srikaya yang rasanya nikmat. Pengalaman ngopi di kedai kopi retro ini serasa masuk ke mesin waktu. Salah satu kedai kopi yang harus dikunjungi jika kamu mampir ke Medan.

Selain di Medan, ada juga kedai kopi legendaris lain yang berlokasi di Pematang Siantar. Kedai Kopi Kok Tong di Siantar ini telah berdiri sejak 1925. Kedai kopi yang dikelola oleh Lim Tee Kee memang telah memiliki banyak cabang tapi cabang pertama nan klasik hanya ada di Siantar. Mampirlah ke sini jika kamu mengunjungi Sumatera Utara.

Jelajah Kedai Kopi Modern di Medan

Bagi yang menyukai berburu kedai kopi sembari melihat kopi kultur yang berbeda? Maka Medan adalah tujuan yang tepat. Seperti kota besar di Indonesia lainnya, Medan juga sedang merasakan geliat industri kopi Gelombang Ketiga. Banyak kedai-kedai kopi yang sudah menyajikan menu manual brewing dengan beragam single origin eksotik yang disangrai di roastery lokal. Juga kamu bisa bertemu langsung pelaku industri kopi mulai dari penikmat hingga pemilik kedai dan juga roaster. Mulai dari Q-Grader hingga coffee store seperti Otten Coffee. Oh iya jangan lupa mampir ke Otten Coffee, surganya alat-alat kopi. Jika selama ini kamu melihat Otten Coffee secara online, di Medan kamu bisa mampir dan melihat langsung offline store—nya.

Bagaimana, sudah tak ragu lagi ‘kan untuk berkunjung dan melihat geliat industri kopi di Sumatera Utara?
sumber: majalah.ottencoffee
fb: Bus Sinabung Jaya

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *