HOTMAN PARIS BANGGA MENANGKAN AQUAFARM DALAM GUGATAN PENCEMARAN DANAU TOBA

TRIBUN-MEDAN.COM – Pengacara Hotman Paris Hutapea akhirnya memenangkan kasus Danau Toba yang melibatkan PT Aquafarm, BKPM dan Yayasan Pecinta Danau Toba (YPDT).

Pantauan TribunWow.com, hal tersebut disampaikan Hotman Paris Hutapea melalui akun Instagramnya yang diunggah pada Rabu (28/3/2018).

Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) menggugat Badan Koordinasi Penanganan Modal (BKPM) dan PT Aquafarm Nusantara, Rabu (28/1/2018).

Aquafarm diwakili kuasa hukumnya yakni pengacara ternama Hotman Paris Hutapea.

YPDT menuntut agar tidak memperpanjang izin usaha Aquafarm yang melakukan budidaya ikan dengan menggunakan keramba jaring apung di perairan Danau Toba.

Sebelumnya akhir tahun lalu, melawan perusahaan KJA berbeda yakni PT Suri Tani Pemuka YPDT memenangkan tuntutannya di PTUN Medan.

Tak mau mengalami kekalahan serupa, diduga menjadi penyebab digunakannya jasa Hotman Paris yang dikenal sebagai pengacara Rp 30 miliar oleh Aquafarm

Berikut rincian kasus yang dijelaskan oleh Hotman Paris.

“Hari ini tanggal 28 Maret 2018 Dr. Hotman Paris yang mewakili PT. Aquafarm & tim legal BKPM telah sama-sama dimenangkan oleh Pengadilan TUN Jakarta dalam kasus Danau Toba.

Pengadilan TUN mengalahkan secara TELAK Yayasan Pecinta Danau Toba (YPDT).

Terima kasih untuk tim hukum BkPM yang dalam pembelaannya menyatakan bahwa PT. Aquafarm tidak melakukan pelanggaran apapun terkait lingkungan hidup di Danau Toba.

Saya Dr. Hotman Paris telah membaca banyak kasus lingkungan hidup diseluruh dunia dan ternyata belum ada satupun putusan di dunia bahwa kotoran ikan (ikan makan pelet) bisa merusak lingkungan hidup.

Dari persidangan PTUN Jakarta banyak saksi fakta dibawah sumpah menjelaskan depan persidangan bahwa justru banyak sungai yg bermuara ke Danau Toba membawa sampah & kotoran manusia dari penduduk yg tinggal disekitar sungai,

Bahkan saksi menyatakan ada peternakan babi dipinggir Danau Toba yang kotoran babi nya mengalir ke sungai yg bermuara ke Danau Toba,

demikian juga restoran, pom bensin & kapal yang kotorannya jauh lebih besar akibatnya dibanding kotoran ikan apalagi jaring ikan tersebut hanya satu titik kecil dibandingkan segitu luasnya Danau Toba.

Kenapa setelah Pemerintah Pusat memberikan perhatian ke Danau Toba tiba-tiba ada oknum mulai seolah-olah aktif tapi tidak ada karya nyata?

Hotman Paris adalah putra asli Danau Toba & saya cinta Danau Toba,” tulisnya.

Postingan Hotman Paris Hutapea tersebut menuai beragam kritikan dari warganet.

@fadeliciouz: Bang Hotman sy dengar ibu2 yg triak bilangnya memang kau hotman paris hebat kau menang karena uang kau..
klo tdk salah dengar ibunya triak2 bgtu!! Tolong dibenarkan kalau salah.

@esp.88: Sori bang, kotoran babi,kotoran manusia, kotoran ikan dari dulu sebelum aquafarm ada, danau toba masih aman bang, orang berenang gk gatal”.

Tapi sekarang makin parah.sori ya bang, jangan sampai abang bantu aquafarm yang sudah menang, justru malah menghancurkan. #justmyopini

@natalsianipar: Membela diri ga harus dgn mencari kesalahan pihak lain kali ini kurang setuju hahaha.

@albert_fransiskus_manurung: Cara berpikir logika @hotmanparisofficial ngawur dan sangat salah. Seakan2 pakan pellet ikan tidak berdampak sama sekali terhadap mutu air dan ekosistem yg ada di danau toba. Kita bicara berdasarkan hasil penelitian bahwa sisa pakan yg tidak dimakan fauna perariran, maka akan segera dimanfaatkan oleh mikroba aerobik, mikroba anaerobik dan mikroba fakultatif.

Semakin banyak limbah organik yg masuk, semakin besar pula keperluan oksigen bagi mikroba. Hal ini menimbulkan penurunan oksigen terlarut di perairan akibat dekomposisi. Akibatnya, ikan dan organisme laut menderita ataupun mati.

Selain itu, menghasilkan senyawa beracun yg dapat menyebabkan kematian fauna. Jadi, jgn membuat argument rasionalisasi utk membenarkan opininya. Lebih bijaklah menjadi manusia yg cinta lingkungan hidup dan biota laut di sekitar. Jangan terobsesi sama kekayaan saja.

@haward25: Itu keramba sangat merusak itu pak hotman. dulu masih bisa minum langsung dr danau toba. sekarang udh gk lagi sejak pelet dr aqua farm.

@dinaytara: Coba ambil sample air danau..bnyk mengandung unsur apa? Klo unsur itu bnyk dipakan ikan ya berarti patut dicurigai dong om hot.(TribunWow.com/Lailatun Niqmah)
sumber: medan.tribunnews.
fb: Bus Sinabung Jaya

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to HOTMAN PARIS BANGGA MENANGKAN AQUAFARM DALAM GUGATAN PENCEMARAN DANAU TOBA

  1. rani says:

    wah, bagus sekali bisa memenangkan kasus nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *