10 KEBIASAAN ‘BURUK’ YANG TERNYATA MENGUNTUNGKAN BAGI KESEHATANMU

Merdeka.com – Sepanjang hidup, manusia memiliki aktivitas yang sehari-hari dilakukan hingga berubah menjadi kebiasaan. Ada kebiasaan baik seperti rajin olahraga, tersenyum, atau sarapan buah. Ada pula kebiasaan yang dianggap buruk seperti sering menghabiskan waktu dengan nonton TV, makan junk food, hingga tidur larut malam.

Menurut artikel lansiran dari Reader’s Digest ada beberapa kebiasaan yang dianggap negatif namun nyatanya membawa dampak positif bagi kesehatan tubuhmu.

Apa saja?

1. Bermain game komputer

Sebuah penelitian di Inggris yang dilakukan terhadap 700 anak menemukan bahwa permainan simulasi bisa mengembangkan keterampilan berpikir dan strategi seorang anak. Dan penelitian dari Department of Computing Science di University of Alberta mengemukakan bahwa permainan komputer bisa menjadi cara yang bagus untuk menjelaskan konsep fisika. Contohnya adalah game Siege yang mengintegrasikan konsep gerakan proyektil, efek kecepatan angin, dan sudut vertikal di permainan.

Temuan di Edmonton’s Holy Trinity Catholic High School tahun 2004 pun menunjukkan bahwa siswa yang rajin bermain komputer memiliki kemampuan bernarasi lebih baik.

Namun berhati-hatilah pula bahwa beberapa permainan bisa membuat orang stres karena tidak bisa membedakan fakta dan fiksi.

2. Mendengarkan musik dengan suara keras

Ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa semakin besar intensitas musik yang dimainkan, maka semakin banyak pula kesenangan yang didapat. Menurut penelitian dari Britain’s University of Manchester, hal ini berkaitan dengan sistem vestibular yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon bahagia yang berhubungan dengan getaran. Setelah musik berhenti dimainkan, maka akan muncul perasan positif di otak.

Namun tetap saja kamu harus berhati-hati. Sebab akumulasi dari suara yang keras ini bisa menyebabkan kerusakan telinga. Amannya, dengarkan volume musik sebesar 60% selama 120 menit per hari.

3. Lari di trotoar

Karena keterbatasan lahan olahraga, mereka yang doyan dengan olahraga lari akan melakukannya di trotoar atau jalan beraspal. Kebiasaan ini sering disalahkan sebab bisa menyebabkan keausan di lulut yang berujung dengan osteoarthritis.

Namun berlari tetaplah bentuk dari olahraga. Dan kebiasaan ini jika dilakukan dengan teratur membawa beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

4. Mengonsumsi lemak

Penelitian dari Dairy Farmers of Canada mengemukakan bahwa wanita yang membatasi konsumsi lemak dikaitkan dengan risiko infertilitas anovulatory (ketidaksuburan yang disebabkan oleh kurangnya ovulasi). Sehingga tentu saja kebiasaan konsumsi lemak amatlah disarankan untuk kesehatan tubuh. Namun pilihlah jenis lemak sehat yang mudah dicerna tubuh dan imbangi dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang.

“Mereka yang mengonsumsi susu berlemak juga memiliki sedikit risiko untuk mengembangkan sindrom metabolik yang berujung pada hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.”

5. Texting

Texting atau kebiasaan bertukar pesan melalui smartphone sering dianggap sebagai kebiasaan buruk. Namun survei yang dilakukan di Dallas, Amerika Serikat tahun 2008 menemukan bahwa remaja yang sering chatting dengan orang tua akan memiliki hubungan yang kuat.

Well, tentu saja teknologi yang dilakukan dengan niat dan tujuan yang baik pun bisa memberikan dampak yang positif.

6. Konsumsi kafein

Masih banyak mitos yang mengatakan bahwa konsumsi kafein akan membahayakan kesehatan. Hal ini tentu saja akan berlaku bagi kamu yang mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, kafein justru bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu.

Sudah banyak penelitian yang menemukan manfaat sehat kafein seperti mencegah penyakit Parkinson pada pria, mencegah pembentukan batu empedu, mengurangi risiko penyakit Alzheimer hingga meningkatkan tekanan darah mereka yang menurun secara substansial karena penyakit yang diderita.

Konsumsi jumlah kafein yang disarankan adalah maksimum 400 miligram pada pria dewasa dan 300 miligram pada wanita dengan usia produktif.

7. Berjemur

Jika dilakukan di jam yang tepat, berjemur mendatangkan banyak manfaat sehat untuk tubuh. Sebabnya sinar matahari yang masuk ke tubuh akan berubah menjadi vitamin D yang diperlukan untuk menguatkan tulang, meningkatkan imunitas, dan mengatur sistem metabolisme tubuh.

Tentu saja berjemurlah sebelum pukul 9 pagi. Sebab sinar UV yang terlalu terik pun memiliki sisi gelap yaitu meningkatkan risiko kanker kulit dan melanoma. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih ketika kamu sering beraktivitas di luar ruangan.

8. Konsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda dikatakan tinggi gula yang memiliki efek buruk untuk kesehatan. Sehingga kamu disarankan untuk minum soda diet sebagai gantinya yang diklaim memiliki sedikit kandungan gula.

Padahal menurut penelitian, soda diet justru mengandung pemanis buatan yang bisa mengganggu kontrol nafsu makan yang malah akan membuatmu mengonsumsi makanan tinggi kalori dan berakhir dengan naiknya berat badan.

Kebiasaan di atas jika kamu lakukan secara berlebih memang akan merusak kesehatan tubuh. Namun jika kamu lakukan dengan wajar justru mendatangkan manfaat sehat. Oleh karena itu jangan berlebih dalam melakukan sesuatu ya.

Bersambung …

sumber: merdeka
fb: Bus Sinabung Jaya

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *