WOW…! FESTIVAL BUNGA – BUAH KARO MENDUNIA

Berastagi, Sorakaro.com-Sebentar lagi..! Pemkab Karo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo, dalam hal sebagai penyelenggara, akan menggelar Festival Bunga dan Buah di Berastagi.

Kegiatan Pemkab Karo yang menjadikan agenda tahunan dalam pelaksanaan pesta bunga dan buah ditargetkan menjadi pendongkrak pariwisata yang dijadikan magnet bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Mencermati hal itu, Pemkab Karo yang digagas langsung Bupati Karo, Terkelin Brahmana,SH menggelar Konfrensi Pers, Selasa (4/7/2017) untuk menyatakan sikapnya sebagai bentuk dukungan atas terselenggaranya pelaksanan yang diyakini dapat menumbuhkan kembali akan minat dan manfaat Pariwisata yang memberi dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karo, khususnya.

Selain itu Pihak Bupati Karo menjelaskan secara rinci, bahwa dalam dunia pariwisata dapat dikelola oleh swasta. Dengan itu, dirinya telah mempertegas untuk menentukan regulasi dan membuat Peraturan Daerah (Perda) melalui asisten III. Hal itu disampaikan di gedung kesenian mejuah-juah, Berastagi.

“APBD selama ini telah diserap untuk kegiatan Festival Bunga dan Buah, dan pembangunan tempat-tempat wisata, maka dengan dialihkan kepada pihak swasta, mereka akan dapat memberi kontribusi guna meningkatkan wisata di kabupaten Karo. Dengan itu, mudah mudahan kita akan mempercepat ‘perda’ di bidang pariwisata dan pertanian supaya diambil alih oleh dari swasta, agar mereka yang mengelola serta meberikan bantuanya dan penambahan PAD. Di daerah lain sudah mulai di terlaksana, mudah mudahan ini cepat terwujud,” katanya menjelaskan membuka kata pengantar dalam gelaran konfrensi pers.

Menambahkan hal itu, Wakill Bupati Karo Cory Sebayang dengan meyakini festival bunga dan buah kali ini akan menyuguhkan yang lebih istimewa ketimbang sebelumnya,“ untuk tahun ini Festival Bunga dan Buah akan lebih istimewa di banding tahun yang lalu, kalau kemarin pelaksanaannya hanya tingkat daerah Kabupaten Karo saja, namun tahun ini kita laksanakan tingkat Sumatera Utara dan rencananya di tahun berikutnya akan digelar untuk tibgkat nasional,”kata Cory menguraikan.

Dalam acara ini telah di persiapakan mobil hias karnval kurang lebih 50 kendaraan, dimana nanti kendaraan hias ini start mulai dari halaman depan kantor DPRD kabanjahe menuju Berastagi. Para peserta pawai yang titik kumpulnya di SMA Negeri 1 Berastagi nantinya akan mengiringi kendaraan karnaval setelah tiba di depan lokasi titik kumpul para peserta pawai dan akan berakhir di Taman Mejuah juah.

Agustatius Sitepu Dandim 0205/TK juga sebagi panitia pelaksana festival Bunga dan Buah “Tanah Karo yang mempunya potensi bunga dan buah buahan, sehingga kita berharap dari daerah daerah lain, mereka datang untuk study banding ke Karo, bukan lagi kita yang datang study banding ke daerah lain, maka dengan festival bunga dan buah ini yang tinggal dua hari, mari kita kawal bersama agar, akhirnya sesuai apa yang kita harapkan, kita berharap kedepannya nanti,kegiatan ini akan lebih baik lagi,dan tidak terkesan asal jadi tapi biarlah orang-orang yang berkunjung menyaksikan event ini,mereka angkat jempol,karena ini juga salah satu kegiatan hiburan rakyat,serta mendukung para petani-petani Bunga dan Buah” Ungkap Sitepu.

Suang Karo-Karo selaku ketua Panitia, menjelaskan kegiatan festival Bunga dan Buah yang akan di laksanakan pada 6-7 juli 2017 telah dikemas semaksimal mungkin dengan masukan dari berbagai elemen

”adapun tujuan Festival Bunga dan Buah ini,guna mendorong para petani-petani untuk menanam Bunga dan Buah,sebanyak 50 kendaraan Karnaval hias telah di persiapkan,dengan partisipasi yang ikut ambil bagian dari 17 kecamatan juga dari pemerintah,”katanya

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ir.Mulia Barus, Festival yang akan digelar pada 6-9 Juli 2017 ini dikenal dengan sebutan Bumi Turang oleh masyarakat Karo. Artinya berbudaya pertanian (agrikultur) juga memiliki alam pegunungan yang subur hijau serta penghasil bunga, buah, dan sayur untuk memenuhi kebutuhan produk pertanian di Sumatera Utara bahkan di luar Sumut.

Selama ini, Festival Bunga dan Buah dikenal dengan nama Pesta Thanksgiving. Acara ini digelar sebagai ucapan rasa syukur terima kasih kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah ruah kepada masyarakat.

“Kegiatan pesta tahun ini dulunya merupakan bagian dari ritual kepercayaan disertai kegiatan sukacita dalam bentuk menyiapkan makanan enak, berhias diri, menyelenggarakan pentas seni tradisi. Namun acara ini sekarang sudah menjadi daya tarik wisatawan, baik local maupunmanca Negara” papar Mulia.

konvoi kendaraan hias yang terdiri dari 17 kecamatan se-Kabupaten Karo akan menjadi acara pembuka Festival Bunga dan Buah . Rute pawainya yakni dimulai dari depan kantor DPRD Karo menuju kota Berastagi sampai beraklhir di Taman Mejuah juah. Setiap kontingen akan menampilkan produk unggulan yang dihias sedemikian rupa menggunakan bunga, buah, dan sayur saat pawai.

“Ada delapan jenis perlombaan yang akan memeriahkan Pesta Bunga dan Buah 2017. Antara lain festival kendaraan hias, pawai kontingen, penataan stan pameran, Putri Bunga, sado hias, festival kuliner khas Karo, lomba merangkai bunga, buah, sayur, festival lampion, dan lomba paduan suara Ingan Bunga Ertangke.

Silakan berlibur ke Berastagi, saya pastikan akan menarik,” tegasnya melalui sorakaro.com(Dasa/MS)
sumber: sorakaro

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Objek Wisata Karo, Informasi Untuk Kab. Karo, Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *