PEMERINTAH TUNJUK ELIA MASSA MANIK JADI BOS PERTAMINA

Jakarta, CNN Indonesia — Pemerintah akhirnya menunjuk Elia Massa Manik sebagai bos baru PT Pertamina (Persero) menggantikan Dwi Soetjipto yang diberhentikan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 3 Februari 2017 silam.

Keputusan pengangkatan Elia ini diputuskan pada RUPS tertanggal 16 Maret 2017 dan melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor SK-52/MBU/02/2017.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, pemilihan Elia dititikberatkan pada rekam jejaknya, di mana sikap kepemimpinannya dianggap cemerlang saat menjadi komando holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) (PTPN).

Apalagi, sebelumnya Elia juga pernah memimpin sekaligus mentransformasi anak usaha Pertamina, PT Elnusa Tbk antara tahun 2011 hingga 2014.

“Penunjukkan Elia Massa Manik lebih ditekankan pada seleksi Menteri BUMN dan beberapa hal lain soal leadership membangun perusahaan dan punya latar belakang sebagai Chief Executive Officer (CEO),” jelas Gatot di Kementerian BUMN, Kamis (16/3).

Lebih lanjut, Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng menuturkan, rekam jejak Elia bisa digunakan untuk mengeksekusi program-program perusahaan. Menurutnya, Pertamina butuh eksekutor yang baik mengingat program, struktur, dan strategi korporasi sudah tertata dengan apik.

“Kerjasama tim masih perlu dilakukan pembenahan. Dengan kapasitas yang dimiliki beliau, kami yakin Pertamina bisa mengeksekusi programnya dengan baik,” lanjutnya.

Meski Direktur Utama berganti, tidak ada rencana perubahan struktur direksi. Bahkan menurut Tanri, dalam waktu dekat akan dilakukan program kepemimpinan antara Elia dan direksi-direksi Pertamina untuk berdiskusi ihwal visi misi Pertamina kedepannya.

“Sampai sekarang belum ada rencana (perubahan direksi), malah kami mau bikin leadership retreat,” jelasnya.

Elia yang lahir di Kabanjahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini mengawali karir dari PT Indofood Sukses Makmur (INDF) sebelum kemudian bergabung dengan Suez Group hingga 2001. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa sejak Juli 2011 hingga 2014 sebelum berpindah ke PTPN III. (gir)
sumber: cnnindonesia

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *