AHOK TEPIS ADA MUATAN POLITIS SOAL KEPUTUSAN KE MAKAM MBAH PRIUK

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menolak anggapan bahwa keputusannya menjadikan Makam Habib Hasan bin Muhammad Al Hadad atau Mbah Priuk berlatar belakang politik. Ahok mengatakan bahwa bila hal tersebut yang melatar belakangi keputusannya, dia tidak akan berani berkunjung ke sana.

“Makanya (kalau) saya bermuatan politik, saya yang datangi mereka atau mereka datangin saya? Kalau bermuatan politik berarti saya berusaha mendekati (makam) Mbah Priuk. Berani nggak saya datang? Nggak berani. Orang Satpol PP yang meninggal saja tiga kok. Perang besar begitu,” kata Ahok saat ditemui di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (10/3/2017).

Ahok juga mengklarifikasi soal Makam Mbah Priuk menjadi cagar budaya. Dia mengatakan bahwa dia belum menetapkan makam tersebut sebagai cagar budaya. Yang ada, Makam Mbah Priuk tersebut diperlakukan sebagai cagar budaya.

“Kan kita tetapkan dilindungi. Saya tidak menetapkan sebagai cagar budaya loh, diberlakukan sebagai cagar budaya,” ujar Ahok.

Ahok pun membeberkan alasannya mengapa dia menjadikan kawasan Makam Mbah Priuk menjadi kawasan yang dilindungi. Dia mengatakan bahwa dia tidak mau tanah seluas 3,4 hektare milik Yayasan Mbah Priuk kembali menjadi sengketa. Karena, pada awalnya tanah milik yayasan tersebut memiliki luas 5,4 hektare. Namun, 2 hektare sudah dijadikan sebagai pelabuhan.

“Jadi sebetulnya tempat itu dikasih sertifikat atas nama Yayasan Mbah Priuk. Janganlah tanah 5,4 hektare mereka, sudah ngalah 2 hektare demi pelabuhan, 3,4 hektare masih mau dikangkangi. Saya tidak mau berdebat itu benar atau tidak,” ucap Ahok.

Cagub petahana Pilgub DKI 2017 itu juga mengatakan bahwa dia memiliki kepentingan untuk menjaga tanah seluas 3,4 hektare yang sekarang menjadi milik Yayasan Mbak Priuk. Alasannya karena makam tersebut dijadikan tempat berziarah puluhan ribu masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia.

“Peziarah, ada berapa puluh ribu peziarah tiap minggu. Bagi saya, saya punya kepentingan menjadikan tempat destinasi wisata. Dan tanah 3,4 hektare ditelantarkan, itu haknya Mbah Priuk. Kita ingin kasih balik,” tutupnya.(bis/dnu)
sumber : detik

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to AHOK TEPIS ADA MUATAN POLITIS SOAL KEPUTUSAN KE MAKAM MBAH PRIUK

  1. Pingback: Replica rolex knockoff paypal watches

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *