TELEPON PRIBADI HITLER LAKU DIJUAL US$ 243.000

[MARYLAND] Sejarah itu sangat bernilai. Itulah sebabnya satu pesawat telepon milik Adolf Hitler laku terjual seharga US$ 240.000 atau senilai Rp 3,24 miliar. Menurut rumah lelang Alexander Historical Auctions, pesawat telepon itu telah dibeli oleh seorang penawar anonim, baru-baru ini.

Pesawat telepon pribadi itu telah digunakan Hitler alias Fuehrer untuk mengarahkan perintah-perintah komando dalam Perang Dunia II. Telepon Bakelite warna hitam itu terukir dengan nama Hitler. Benda peninggalan ini ditemukan dalam bunker pemimpin Nazi itu pada tahun 1945 setelah kekalahan rezim Hitler.

Rumah lelang Alexander tidak mengungkapkan identitas pemenang lelang yang menawar antara US$200.000 hingga US$ 300.000. Penawaran awal untuk pelelangan yang digelar pada Minggu (19/2) itu telah ditetapkan pada angka US$100.000.

Perusahaan lelang di Maryland, Amerika Serikat ini melelang lebih dari 1.000 benda termasuk telepon dan sebuah porselin pahatan berbentuk anjing Alsatian senilai US$ 24.300. Pemenang lelang melakukan penawaran lewat telepon.

Alexander menyatakan telepon itu diterima Hitler dari Wehrmacht, angkatan bersenjata Nazi Jerman. Pesawat telepon itu boleh dibilang menjadi benda paling menghancurkan dari semua senjata, yang mengakibatkan jutaan orang menemui ajal.

Dengan umur lebih dari 70 tahun, telepon putar Siemens telah ditandai dengan lambang swastika dan burung rajawali yang melambangkan Nazi.

Seorang petugas Rusia memberikan perangkat telepon itu untuk Brigadir Inggris Sir Ralph Rayner saat kunjungan ke bunker segera setelah Jerman menyerah. Anak Rayner, yang mewarisi telepon itu lalu menjualnya lewat lelang.

Kurator Rumah lelang Alexander, Andreas Kornfeld memperkirakan benda itu menjadi mahal karena sejumlah faktor, termasuk kelangkaan dan keunikan. [AFP/U-5]
sumber: sp.beritasatu

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to TELEPON PRIBADI HITLER LAKU DIJUAL US$ 243.000

  1. Pingback: where can i buy nembutal

  2. Pingback: Mail order 1-p LSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *