JUAL SENJATA KE SAUDI, KROASIA RAUP UNTUNG

[ZAGREB] Kroasia telah meraup keuntungan besar selama puluhan tahun dari penjualan senjata dan amunisi ke Arab Saudi. Penjualan dan pengiriman senjata yang diselewengkan ke Suriah itu tetap berlangsung meskipun melanggar hukum internasional dan Uni Eropa. Saudi bahkan tercatat menjadi importir senjata kedua terbesar di dunia pada tahun 2016.

Seperti dilaporkan situs globalresearch, Selasa (21/2), meskipun memiliki salah satu peralatan militer terbaik dan paling mahal di Timur Tengah, Arab Saudi mengimpor amunisi, peluru, mortir senilai US$ 81,7 juta. Persenjataan lain yang dimpor adalah roket dan peluncur granat senilai US$ 5,8 juta sejak 2016.

Jumlah transaksi ekspor Kroasia ke Arab Saudi itu berlipat ganda selama empat tahun-tahun sebelumnya. Bahkan nilai akhirnya mungkin akan lebih tinggi, karena angka untuk kuartal terakhir belum dipublikasikan.

“Hal ini sangat mungkin bahwa ekspor berasal dari amunisi tua. Mungkin dari persediaan logistik bekas Yugoslavia dan produksi Blok Timur,” kata Igor Tabak, analis pertahanan Kroasia,yang menegaskan bahwa Kroasia tidak memproduksi amunisi, baru-baru ini.

Sementara Kroasia telah secara konsisten menolak untuk mengakui bahwa mereka mengambil keuntungan dari melikuidasi logistik lama di medan perang Suriah, dokumen kementerian pertahanan yang diperiksa oleh Jaringan Pemberitaan Investigasi Balkan (BIRN) dan Proyek Pemberitaaan Korupsi dan Kejahatan Terorganisasi (OCCRP) menunjukkan lonjakan besar dalam penjualan dari persediaan yang bertepatan dengan dimulainya perang sipil Suriah pada tahun 2012.

Menurut laporan tersebut, Kementerian Pertahanan, yang memiliki cadangan sekitar 18.000 ton, menjual setidaknya 5.000 ton surplus amunisi pada tahun 2013 dan 2014. Jumlah aunisi sebanyak itu juga telah dijual dalam dekade sebelumnya.

Departemen Pertahanan Kroasia tidak menanggapi permintaan untuk informasi tambahan pembelian persenjataan dan apakah penjualan tambahan terjadi pada tahun 2015 dan 2016. Namun Kroasia adalah salah satu negara pertama untuk memasok senjata kepada pemberontak Suriah pada musim dingin 2012. Menurut penyelidikan 2013 oleh New York Times, pengiriman itu dialihkan melalui Yordania dengan dukungan logistik dari CIA dan dibayar oleh Arab Saudi. [globalreseacrh/U-5]
sumber: sp.beritasatu

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to JUAL SENJATA KE SAUDI, KROASIA RAUP UNTUNG

  1. Pingback: online marijuana dispensary home delivery

  2. Pingback: dumps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *