PANGKOSTRAD EDY RAHMAYADI AKAN BAYAR UTANG ADAT

KARODAILY, TIGAPANAH – Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi akan segera membayar utang adat di Kabupaten Karo. Namun, pembayaran utang adat yang ditetapkan kepada jenderal kelahiran Aceh, 56 tahun lalu ini bukanlah karena melanggar aturan adat.

Namun, nggalari utang adat (membayar utang adat) yang akan dijalani pria yang juga menjabat Ketua PSSI ini adalah lanjutan prosesi adat marga Ginting Suka yang telah ditabalkan kepadanya dan Tarigan Girsang kepada istrinya, Nawal Br Lubis.

Hal ini disampaikan dalam rapat persiapan acara pembayaran utang adat Pangkostrad Letjend TNI Edy Rahmayadi yang dihadiri Riahna Jamin Ginting, Kolonel Inf Josua Ginting, S.I.P, Pdt Daniel Tan Sembiring, Keliat-Keliat selaku anak beru, Malem Ukur Ginting selaku tokoh adat dan beberapa perwakilan keluarga besar dari Letjend Djamin Ginting dan Likas Br Tarigan di Museum Letjend Djamin Ginting Desa Suka Kecamatan Tigapanah, Kamis (09/02/2017).

Sesuai dengan adat yang berlaku bagi masyarakat Karo, Edy Rahmayadi Ginting Suka harus melunasi utang adatnya agar resmi dan sah menjadi orang Karo. Ia sudah diberi marga Ginting Suka Pengulun Bebere Tarigan Girsang dengan status saudara Riahna Jamin Ginting’s.

Acara pembayaran utang adat tersebut akan dilakukan di Jambur Desa Suka, Sabtu (18/03/2017) mendatang.

Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi dan istri sudah ditabalkan menjadi suku Karo oleh tokoh adat disaksikan unsur pemerintahan Kabupaten Karo serta seluruh masyarakat di Stadion Samura Kabanjahe, Kamis (15/12/2017).

Acara itu bertepatan dengan bhakti sosial satuan Kostrad bekerjasama dengan satuan Kodam 1/BB dalam rangka Hari Juang Kartika 2016. (kd/rama)
sumber: karodaily

This entry was posted in Adat Istiadat Karo, Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *