WARGA DESA PARIBUN DILATIH CARA MEMBUAT SABUN

KARODAILY, BARUSJAHE – Puluhan warga Desa Paribun Kecamatan Barusjahe mengikuti pelatihan pembuatan sabun cair dan sabun krim di Jambur Desa Paribun Kecamatan Barusjahe, Jum’at (03/02/2017). Selain itu, mereka yang didominasi ibu-ibu PKK ini juga diajari cara membuat pupuk cair.

Kegiatan yang diprakarsai Ketua PKK Desa Paribun dan Kepala Desa Paribun bekerjasama dengan Politeknik Kimia Industri Medan ini bertujuan untuk pengembangan ekonomi masyarakat Desa Paribun.

“Untuk itu, saya dan mahasiswa PTKI yang hadir akan memberikan beberapa teknik dan bahan-bahan membuat sabun cair, sabun krim dan pupuk cair,” ujar Wakil Direktur III PTKI Medan, Adil Barus.

Adil berharap, dengan kegiatan tersebut masyarakat bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti menyuci serta dan bercocok tanam.

“Bahkan bila hal ini digeluti dengan serius akan dapat juga meningkatkan perekonomian warga melalui penjualan hasil-hasil produksi rumah tangga ini,” katanya.

Sementara, Ketua PKK Kecamatan Barusjahe, Maslin Br Sembiring mengapresiasi Politeknik Kimia Industri Medan.
Pihaknya mengaku bangga bisa dikunjungi tim PTKI yang membagi ilmunya untuk pengembangan ekonomi masyarakat.

“Apalagi, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di Kabupaten Karo,” katanya seraya mengajak ibu-ibu PKK untuk mengikuti seluruh proses dengan serius mengingat kegiatan ini tujuannya untuk kepentingan pribadi ibu-ibu.

Kepala Desa Paribun, Darwin Tarigan didampingi Ketua PKK Desa Paribun, Asni Barus, mengucapkan rasa terima kasih kepada Direktur Politeknik Kimia Industri Medan, Ir. H. Mansyur, M.Si yang telah berkenan mengutus civitas academica dan mahasiswa PTKI datang ke desanya untuk berbagi ilmu.

“Saya merasakan kegiatan ini sangat penting sekali bagi masyarakat Desa Paribun dan berharap kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik,” pungkasnya. (kd/rel/ds)
sumber: karodaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *