PEMBUNUH PETUGAS PAJAK, DITUNTUT HUKUMAN MATI

MetroSiantar.com,GUNUNG SITOLI- Agusman Lahagu alias Ama Tety, terdakwa pembunuhan petugas pajak Parada dan Soza, dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pembacaan tuntutan berlangsung di Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Nias, Senin (23/1) lalu. Persidangan dipimpin oleh Hakim Ketua Nelson Angkat SH.

Selain kepada Agusman Lahagu, Jaksa juga membacakan tuntutan kepada empat terdakwa lain yang turut serta dalam melakukan pembunuhan tersebut, yaitu Bedali Lahagu alias Ama Yusu yang dituntut hukuman penjara seumur hidup. Sedangkan terdakwa Anali Zalukhu alias Ana, Desima Lahagu alias Desman alias Dedi dan Budi Rahmat Gulo alias Rama dituntut dengan hukuman 15 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum Rifqi Leksono menilai Agusman Lahagu dan Bedali Lahagu memenuhi semua unsur dalam pembunuhan berencana, yakni disengaja, direncanakan, dan menghilangkan nyawa orang lain. Dakwaan jaksa sesuai dengan pasal 340 KUHPidana yang berbunyi; Barangsiapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana seumur hidup, atau selama waktu tertentu, paling lama 20 tahun.

Sedangkan ketiga anak buah Agusman Lahagu dikenai dakwaan pasal 338 KUHPidana yang bunyinya, barangsiapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

Direktorat Jenderal Pajak akan terus mengawal kasus ini sampai tuntas dan memastikan pelaku mendapatkan hukuman yang setimpal.(rel)
sumber: metrosiantar

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *