KEMBALI, LAHAR HUJAN SINABUNG “TERJANG” SUKATENDEL DAN SUSUK

KARODAILY,TIGANDERKET – Untuk kesekian kali, lahar hujan lereng GA Sinabung Rabu (18/01/2017) kembali “terjang” sebahagian wilayah kecamatan Tiganderket, Karo. Butuh penanganan yang lebih permanen lagi guna menghindari dampak lebih luas dari lahar hujan lanjutan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, beberapa rumah penduduk di desa Sukatendel, diantaranya Darma Kaban dan Ermawati Br Sembiring jadi korban langsung lahar hujan dengan lumpur memenuhi kediamannya.

Selain itu, tentu saja “terjangan “lahar tentu saja menghantam areal pertanian warga. Belum ada keterangan pasti jumlahnya, namun seperti diungkap Plt camat Tiganderket, Sukur Berahmana, terdapat sekitar 6 hektare lahan pertanian terendam air yang bercampur lumpur.

“Masih akan dipastikan dengan pendataan langsung, angka itu baru pada tahap perkiraan. Tetapi saya fikir tidak akan bergeser jauh nantinya”, terang Sukur.

Sementara itu, menurut Kepala PUTR Pemkab Karo, Paten Purba, pihaknya kini telah menurunkan satu beko untuk bersiaga dalam menormalisasi jalur yang dilalui lahar hujan. Termasuk di sungai Bekerah.

“Besok (Kamis,19/01/2017) kita akan tambah satu lagi, jadi ada upaya percepatan penanganan bila itu kembali terjadi”,ujarnya.

Tampak, bupati Karo, Terkelin Berahmana, Dan Satgas Penanganan Erupsi Sinabung Letkol Inf Agustatius Sitepu, anggota DPRD Karo, Thomas Joverson Ginting, Plt camat Tiganderket, Sukur Berahmana dan Ka PUTR Pemkab Karo, Paten Purba, rabu (18/01/2017) meninjau lokasi terdampak lahar hujan di desa Sukatendel.

Lahar hujan yang turun dari alur sungai Bekerah tampak telah mengakibatkakan jalan dari arah Simpang Sukatendel hingga ke arah desa Susuk dipenuhi air dan lumpur. (karodaily/nanang).
sumber: karodaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Jelajah Objek Wisata Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *