KSU GAPOKTAN ARIH ERSADA SERDANG TATAP PELUANG KEMBANGKAN PERIKANAN

KARODAILY,SERDANG – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha GAPOKTAN Arih Ersada, desa Serdang, kecamatan Barusjahe, Karo, Rabu (11/01/2017), digelar. Pada kegiatan yang juga diisi dengan agenda laporan pertanggungjawaban ini, KSU yang meraih juara harapan III tingkat propinsi Sumatera Utara ini telah mampu memutar roda kecil ekonomi di desa.

Kedepan, menurut camat Barusjahe, Drs Kalsium Sitepu, didampingi Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Penyuluhan Kab Karo, Ajaren Sinuraya dan kepala desa Serdang, Dastanta Barus. Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian KSU GAPOKTAN Arih Ersada dapat lebih meningkatkan kapasitasnya melalui pengembangan pengembangan bidang usaha baru. Hal ini penting agar roda ekonomi di pedesaan dapat tumbuh dengan baik.

“Selama ini kan fokusnya ke usaha disekitar tanaman, kedepan mari kita berfikir mengembangkan sektor perikanan. Saya fikir ini dapat dijajaki”,harap Kalsium.

Diluar itu, KSU GAPOKTAN Arih Ersada juga diminta untuk dapat mengelola dengan baik aset di sektor pertanian yang telah ada. Ini sebutnya berguna sebagai salah satu alat menjaga kepercayaan anggota,masyarakat, pemerintah maupun lembaga mitra lainnya.

KSU GAPOKTAN Arih Ersada sejak awal pembentukannya kini telah memiliki 231 orang anggota. Pada awalnya tahun 2009, koperasi ini hanya memiliki modal sebanyak Rp. 198.664.000 yang bersumber dari modal sendiri Rp.54.167.000 dan modal luar berupa Dana PUAP dan penambahan.

Seiring waktu.koperasi yang anggotanya berasal dari 10 kelompok tani pun berkembang. Di tahun 2016 pemasukan GAPOKTAN ini sudah mencapai Rp.276.359.000 dengan pengeluaran sebesar Rp.249.619.000,-. Adapun sisa kas sesuai LPJ yang disampaikan sebesar Rp.26.740.000.

Saat ini, KSU GAPOKTAN Arih Ersada sendiri dikelola oleh pengurus antara lain ketua Laksamana Tarigan,sekretaris Dius Sitepu,dan bendahara Ngapuli Sembiring.(karodaily/iwan).
sumber: karodaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *