GUNA HINDARI TIUPAN ANGIN KENCANG LANJUTAN,SENG RUMAH DI SIOSAR DAPAT TAMBAHAN PENGIKAT MANUAL

KARODAILY,SIOSAR – Setelah mengalami kerusakan akibat terkena angin kencang,8 unit rumah warga desa Bekerah di lokasi relokasi pengungsi Sinabung Siosar, kecamatan Merek, Kab Karo, Kamis (05/01/2017) diperbaiki manual. Selain itu, atas sejumlah rumah lain juga dilakukan langkah darurat agar sedikit dapat bertahan dari tiupan angin.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kab. Karo, Natanail Perangin angin,SH , langkah awal yang dilakukan pihaknya bersama unsur TNI dan masyarakat di lokasi yang terkena dampak angin kencang Siosar, adalah guna meminimalisir berkembangnya rumah yang rusak.

“Untuk yang telah terkena tentu kita lakukan perbaikan, sedangkan bagi yang belum adalah pencegahan, namun semua masih manual”,terang Nail.

Kebijakan manual dan darurat yang dimaksud Nail adalah mengikat seng bersama broti yang sebelumnya telah juga diikatkan ke tanah.

“Sekali lagi ini tentu darurat dan jangka pendek. Untuk jangka panjangnya bila memungkinkan akan ditambah pengikat secara permanen atas seng ataupun atap rumah warga di Siosar”,tambahnya. seraya menjelaskan persoalan ini juga telah dilaporkan pihaknya ke BNPB Pusat di Jakarta.

Hingga kini, dampak lain angin kencang di kawasan relokasi Siosar masih bedampak langsung pada rumah warga. Namun begitu, aktifitas pertanian penduduk juga terkena imbas, karena warga tidak dapat beraktifitas normal akibat tiupan angin yang cukup kencang.(karodaily/iwan).
sumber: karodaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *