PULUHAN ORANG TEWAS DALAM SERANGAN DI KELAB MALAM ISTANBUL

Sedikitnya 35 orang meninggal dunia akibat serangan di sebuah kelab malam di Kota Istanbul, beberapa jam setelah malam Tahun Baru 2017.

Gubernur Istanbul, Vasip Sahin, mengatakan insiden itu adalah serangan teror dan di antara korban meninggal dunia terdapat seorang polisi.

Selain korban tewas, paling tidak 40 lainnya mengalami cedera ketika serangan berlangsung di kelab malam Reina, kawasan Ortakoy, pada pukul 01.30 waktu setempat.

Sahin mengatakan seorang penyerang terlibat dalam insiden itu, sedangkan CNN Turk menyebut dia memakai kostum Santa Claus.

Insiden itu terjadi manakala ratusan orang berada di dalam kelab malam. Beberapa di antara mereka diyakini terjun ke selat Bosphorus untuk melarikan diri.

Istanbul dalam keadaan siaga penuh dan dijaga 17.000 polisi untuk menghadapi kemungkinan serangan teror mengingat serangkaian kejadian telah berlangsung beberapa bulan terakhir, semisal penembakan terhadap Duta Besar Rusia, Andrei Karlov, oleh seorang polisi Turki bernama Mevlut Mert Altintas.

Sejumlah peristiwa serangan di Turki

= 10 Desember: Dua serangan bom di luar stadion sepak bola di Istanbul menewaskan 44 orang. Milisi Kurdi mengaku bertanggung jawab.

= 20 Agustus: Serangan bom di sebuah pesta pernikahan di Gaziantep menewaskan sedikitnya 30 orang. ISIS diduga berada di balik peristiwa itu.

= 30 Juli: 35 milisi Kurdi berupaya menyerbu pangkalan militer Turki. Mereka dibunuh tentara Turki.

= 28 Juni: Serangan bom di Bandara Ataturk, Istanbul, menewaskan 41 orang. Milisi ISIS dituding bertanggung jawab.

= 13 Maret: 37 orang dibunuh milisi Kurdi dalam serangan bom bunuh diri di Ankara.

= 17 Februari: 28 orang tewas dalam konvoi militer di Ankara.
sumber: bbc

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *