PENGASPALAN JALAN DI BUKIT MAKMUR KARO DINILAI KURANG BERKUALITAS

Tanah Karo (SIB) -Pengaspalan jalan Dusun I Desa Bukit Makmur Karo bersumber dari dana desa (DD) dinilai kurang berkualitas. Pasalnya baru selesai dikerjakan tampak beberapa bagian ruas jalan retak berlobang.

Sesuai lampiran peraturan desa (Perdes) Bukit Makmur tentang anggaran pendapatan dan belanja desa tentang belanja barang dan jasa untuk kegiatan pengaspalan jalan Dusun I , besaran anggaran Rp.588.333.000.

Sementara di lokasi proyek tidak ditemukan plank proyek. Bahkan informasi dari pekerja mengatakan, pengaspalan jalan tersebut akan dikerjakan sepanjang 1200 meter dengan rincian 900 meter pengaspalan dan 300 pengerasan. Belum diketahui pasti mengapa 300 meter hanya pengerasan.

Menurut Dedi Sembiring (30) Sejahtera Tarigan (39), Roy Tinambunan (29), Arma Sembiring (31) dan Keleng Sembiring (45) masing-masing warga Desa Bukit Makmur, mereka merasa tidak puas terhadap penggunaan anggaran dana desa tersebut. Selain kurang transparan pengaspalan jalan Dusun I dinilai kurang berkualitas, sembari menunjukkan badan jalan yang sudah selesai dikerjakan namun sudah retak dan berlobang.

Kata mereka, sebelumnya penggunaan anggaran dana desa tersebut sudah pernah dipertanyakan kepada Pj Kepala Desa Bukit Makmur Bona Nainggolan, termasuk rencana anggaran belanja (RAB) pengaspalan jalan tersebut agar bisa disampaikan ke masyarakat, namun hingga saat ini belum bisa dipenuhi, kata mereka.

Pejabat sementara Kepala Desa Bukit Makmur, Bona Nainggolan yang dikonfirmasi SIB, Senin (19/12) melalui telepon selulernya mengatakan, badan jalan yang retak atau terkelupas sudah diperbaiki. Menurutnya bahwa pihak kontraktor masih bertanggungjawab atas perbaikan pekerjaan pengaspalan jalan tersebut sesuai dengan perjanjian. “Itu masih tanggungjawab mereka, apabila ada kerusakan jalan diakibatkan kualitas pekerjaan mereka, maka selama 6 bulan ke depan akan menjadi tanggungjawab kontraktor sesuai dengan perjanjian”, ungkap Nainggolan. (B02/c)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *