CURAH HUJAN TINGGI, JALAN DJAMIN GINTING ‘KABANJAHE-BERASTAGI’ KERAP KEBANJIRAN

Berastagi, Sorakaro.com-Ketinggian curah hujan dalam beberapa minggu terakhir di Kabupaten Karo menyebabkan kondisi badan jalan tergenang air di sepanjang lintasan Jl Djamin Ginting antara lintasan Kabanjahe-Berastagi. Genangan air hujan dalam beberapa titik mencapai puluhan centimeter (cm).

Menurut pantauan Sorakaro.com, Rabu (9/11), luapan air hujan di beberapa titik lokasi jalan ditengarai banyaknya volume air yang tidak tertampung secara menyeluruh pada parit atau drainase, hingga membanjiri badan jalan.

Hal itu terlihat di seputaran Hotel suite parkar desa Raya kecamatan Berastagi, Desa Ketaren hingga SPBU kawasan simpang Samura Kabanjahe, perbatasan desa Lau gendek-Sempajaya, kawasan Pekong Sempajaya, serta kawasan simpang empat Sempajaya.

Antrian panjang kendaran di beberapa lokasi saat melintasi jalan Djamin Ginting ini tidak terlepas dari sebab dan akibat tingginya volume air dan mengharuskan para pengendara berhati-hati untuk mengantisifasi terjadinya kecelakaan.

Menurut warga Desa Sempajaya, kecamatan Berastagi, Brama Ginting, jalan yang kerap kebanjiran ini, sebelum memakan korban para pengendara, dirinya menambahkan ada baiknya pihak dinas terkait berupaya memantau kondisi ini dan turun langsung menyurvei situasi penyebab seringnya air hujan meluap ke badan jalan.

Dirinya juga mengisahkan kejadian lalu, akibat luapan air di seputaran desanya salah seorang warga dari dusun 6 teknol Sempajaya pernah terseret arus air ketika sepulangnya dari sekolah saat melintas di kawasan simpang empat desa Sempajaya. Sambungnya, selain kondisi Drainase yang tidak mampu menampung volume air yang tinggi, perlunya perhatian kondisi gorong-gorong untuk pembuangan air berikutnya.

“sebelumnya sudah ada jatuh korban, warga teknol beberapa waktu yang lalu, melintasi jalan ini sepulang sekolah, korban dulunya merupakan siswi SD Negri Peceren ini, saya berharap jangan pernah ada lagi kejadian serupa,”ujarnya berharap.
“Keadaan jalan ini sungguh sangat memprihatinkan karena kondisi drainase sudah rata dengan badan jalan raya, Sehingga disaat hujan turun, dalam hitungan waktu sebentar air cepat meluap dan menutupi badan jalan raya, bahkan luapan air merembet dan masuk ke beberapa toko-toko dan rumah warga yang mengakibatkan genangan air hingga lantai rumah warga,”imbuhnya

Dikatakan, pihaknya telah mengajukan permohonan ini terkait kondisi jalan didesanya ke pihak terkait, bahkan perihal itu disampaikan semenjak satu bulan yang lalu, namun, katanya hingga kini belum ada sentuhan tangan sama sekali untuk kondisi ini.

“kekecewaan warga atas luapan air hujan ini sudah sering terjadi, sepatutnya sudah ditanggapi sedemikian cepat. Karena kondisi ini sangat memprihatinkan dan efeknya dapat menjadi kejadian yang fatal bagi warga,”cetus Brama yang juga tokoh kepemudaan desa Sempajaya ini. (MS 001)
sumber: sorakaro

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to CURAH HUJAN TINGGI, JALAN DJAMIN GINTING ‘KABANJAHE-BERASTAGI’ KERAP KEBANJIRAN

  1. Pingback: buy psychedelics online usa uk australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *