10 TIPS MENANGANI PENDERITA ALZHEIMER

Analisadaily – Dalam beberapa tahun terakhir, Alzheimer menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan di dunia. Tidak hanya bagi penderita, namun juga bagi orang-orang disekelilingnya.

Terkadang terasa sulit bagi kita untuk memahami orang-orang terdekat, atau dalam keluarga kita yang terkena penyakit Alzheimer. Sebab, jenis penyakit ini berdampak kuat pada memori orang yang mengalaminya.

Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi di mana sel-sel otak seseorang dan koneksi saraf mulai merosot pada tingkat yang cepat, akhirnya dapat menyebabkan kepikunan, akibat hilangnya memori dan hilangnya fungsi mental lainnya.

Beberapa gejala utama dari penyakit Alzheimer termasuk kesulitan dalam berpikir dan memahami, kebingungan, delusi, disorientasi, kehilangan memori, apatis, marah, halusinasi bahkan depresi.

Hal seperti itu dapat sangat sulit bagi orang-orang dengan penyakit Alzheimer untuk hidup normal, karena mereka mulai secara bertahap melupakan hal-hal dan keterampilan dasar tertentu.

Melihat kondisi seperti itu, penting bagi Anda atau perawat mereka untuk peka pada kebutuhan mereka. Dilansir dari Boldsky, Sabtu (1/10), berikut beberapa tips terbaik untuk membantu Anda menangani pasien Alzheimer.

Tips 1

Pertama, Anda terlebih dahulu belajar tentang gangguan Alzheimer sebanyak yang Anda bisa. Misalnya dengan konsultasi atau berbicara dengan dokter, atau melakukan penelitian, sehingga Anda dapat memahami keadaan penderita Alzheimer.

Tips 2

Anda disarankan mencoba untuk membangun hubungan emosional dengan penderita Alzheimer, sebelum sang penderita benar-benar kehilangan memori sepenuhnya.

Tips 3

Berurusan dengan pasien Alzheimer bisa sangat keras bagi Anda. Jika Anda adalah seorang pengasuh tunggal, disarankan kepada Anda untuk mencari bantuan dengan melibatkan orang lain yang menurut Anda memiliki harapan yang sama.

Tips 4

Ketika Anda datang dengan niat untuk merawat pasien Alzheimer. Anda harus fokuskan diri kepada perasaan Anda untuk merawatnya, dan hindarkan fokus Anda berdasarkan penelitian. Karena hal ini dapat membuat Anda buyar.

Tips 5

Sebuah studi penelitian telah menunjukkan bahwa dengan bernyanyi, bermain atau menari dengan pasien Alzheimer, Anda bisa mendapatkan lebih dekat dengan mereka secara emosional.

Tips 6

Salah satu tips untuk menangani pasien Alzheimer adalah dengan menunjukkan penderita foto lama, yang telah menangkap kenangan besar. Hal ini sebagai upaya untuk memicu memori mereka.

Tips 7

Jika salah satu anggota keluarga Anda penderita Alzheimer, cobalah membacakan buku-buku favorit mereka, meskipun Anda mungkin merasa bahwa mereka tidak memahami itu.

Tetapi, dengan sering membacakan buku-buku yang mereka suka, secara perlahan Anda akan mengembalikan ingatan mereka, meskipun tidak terlalu signifikan.

Tips 8

Posisikan penderita Alzheimer seperti orang normal lainnya ketika Anda menjalin komunikasi dengan mereka. Jangan pernah memojokkan mereka dengan penyakit ini, karena dapat membuat semangat Anda kendur untuk membantu mengobatinya.

Tips 9

Salah satu tips untuk menangani pasien Alzheimer adalah dengan memberikan motivasi penderita untuk memanjakan diri dalam beberapa aktivitas fisik setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan mereka.

Tips 10

Jangan pernah memaksa pasien Alzheimer untuk mengingat hal-hal tertentu ketika mereka tidak mampu melakukannya. Karena hal tersebut hanya akan menyebabkan kebingungan.

Bagaimana? Silahkan mencoba!

sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan, Informasi Penting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *