MORTIR AKTIF DITEMUKAN WARGA DI KARO

Tanah Karo (SIB)- Aswan Peranginangin (25) warga Desa Ujung Payung Kecamatan Payung Karo menemukan satu mortir aktif jenis Grande 60 Commando saat sedang memancing ikan di Sungai Lau Biang di desanya, Senin (26/9) siang.

Penemuan mortir aktif ini membuat geger masyarakat sekitar dan akhirnya menyerahkannya ke pihak TNI di Makoramil 05/Payung.

Dandim 0205/TK Letkol (Inf) Agustatius Sitepu melalui Pasie Intel Kapten Ctp Sodogoron Situmorang Selasa (27/9) kepada SIB menyebutkan, mortir tersebut merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda dulu. “Awal ditemukan, Aswan Perangin-angin tidak menduga jika benda itu adalah mortir. Karena tidak mencurigai itu benda berbahaya, ia selanjutnya menyimpan mortir itu ke rumahnya. Penemuan itu selanjutnya ia beritahu kepada warga dan melanjutkan kembali memancing,” jelas Situmorang.

Dikatakan, salah seorang warga yang mendapat informasi temuan mortir itu selanjutnya menemui Aswan dan meminta untuk memperlihatkan benda tersebut. Setelah diamati, warga menyebut jika benda temuan itu adalah mortir.

Olehnya dengan warga, benda berbahaya itu diserahkan ke Koramil 05/Payung malam itu sekira pukul 20.30 WIB. Usai berkoordinasi dengan Polsek Payung, petugas Koramil 05/Payung selanjutnya menyerahkan mortir itu ke Kodim 0205/TK.

Dipaparkan Situmorang, spesifikasi mortir jenis Grande 60 Commando tersebut memiliki panjang 300 mm, berat 1,61 Kg, kaliber 60 mm. “Jika diledakkan, jarak tembak mortir ini sekitar 50 – 800 meter dengan ledakan radius 20 meter,” paparnya. Lebih lanjut dijelaskan, atas temuan itu pihaknya berkoordinasi dengan Timhar Pal 01-03 Kabanjahe. Diperoleh keterangan dari Katimhar pal 01-03 Kabanjahe, Serma Sahri, bahwa mortir tersebut masih aktif.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Sat Intel Polres Karo agar menghubungi tim Gegana Polri dan Brimob Poldasu. Ini sesuai proseduralnya. Mortir itu akan secepatnya kita serahkan, berhubung benda temuan ini merupakan Amunisi dan Bahan Peledak (Muhandak),” jelas Situmorang.

Sesuai keterangan pelapor, lanjutnya, di lokasi penemuan mortir itu, diprediksi masih banyak granat mortir maupun bahan peledak sisa perang kemerdekaan yang masih tertanam di dalam tanah. “Laporan ini akan kita tindaklanjuti,” tutupnya. (B03/l)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to MORTIR AKTIF DITEMUKAN WARGA DI KARO

  1. Pingback: imei tracker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *