TETAPKAN JAKSA FARIZAL JADI TERSANGKA, KETUA KPK ‘MINTA MAAF’

Jakarta, CNN Indonesia — Jaksa Agung Prasetyo mengklaim mendapat pesan singkat berupa informasi dan permintaan maaf dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo.

Kepada anggota Komisi III DPR, Prasetyo berkata, ia mendapatkan pesan itu seusai KPK menggelar operasi tangkap tangan terhadap jaksa Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat bernama Farizal.

“Saya memang ada komunikasi dengan Ketua KPK. Beliau sempat memberi informasi ke saya selesai OTT. Permintaan maafnya tanda petik bahwa ada lagi jaksa yang ditetapkan jadi tersangka,” ujarnya, Senin (26/9).

Prasetyo mengaku membalas pesan Agus tersebut. Ia berkata, semua pihak harus memahami tindakan KPK, apalagi jika telah terdapat fakta dan bukti yang cukup penetapan tersangka itu.

Lebih dari itu, Prasetyo membantah isu yang menyebut lembaganya berupaya menyembunyikan Farizal. Ia menuturkan, kejaksaan telah meminta izin kepada KPK tentang pemeriksan internal terhadap Farizal.

“Tidak benar kalau jaksa tersebut menghilang. Yang benar, ia dipanggil Kejaksaan Agung untuk diperiksa,” kata Prasetyo.

Setelah tim yang dipimpin Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan menyelesaikan pemeriksaan, Farizal bakal segera diserahkan ke KPK. Prasetyo menyatakan, kejaksaan tidak akan menutupi atau melindungi personelnya yang terjerat hukum.

KPK mengumumkan penetapan tersangka terhadap Farizal, 17 September lalu. Ia diduga menerima uang senilai Rp365 juta dari Direktur Utama CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto.

Uang itu disebut diberikan agar Farizal membantu pengurusan perkara Xaveriandy yang disidangkan di PN Padang.

KPK juga telah menjadikan Xaveriandy tersangka pada kasus dugaan suap terhadap Ketua DPD Irman Gusman. Suap dituding berkaitan dengan kuota gula impor Perum Bulog untuk Provinsi Sumatera Barat. (abm)
sumber: cnnindonesia

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *