MASYARAKAT KARO DIMINTA WASPADAI ORANG ASING

Kabanjahe,Sumatera Utara-andalas Dengan diberlakukannnya pasar bebas masyarakat ekonomi Asean atau MEA dan diterbitkannya Perpres No 21/ 2016, tentang bebas visa kunjungan pada 2 Maret 2016 bagi 169 negara untuk masuk wilayah Indonesia, akan berpotensi meningkatkan arus lalu lintas orang asing ke Indonesia, khususnya Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Utara.

Lau lintas orang asing tersebut, baik sebagai wisatawan ataupun sebagai tenaga kerja asing yang akan memberikan pengaruh positif maupun negatif terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan budaya. Untuk itu, perlu disikapi dengan baik dan bijaksana serta dilakukan pengawasan yang baik sesuai ketentuan berlaku, khususnya untuk mengantisipasi pengaruh negative terhadap perkembangan generasi muda di Kabupaten Karo.

Demikian disampaikan Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Bupati Cory S Sebayang, pada sosialisasi pengawasan orang asing di Kabupaten Karo 2016 di Hotel Suite Pakar Jalan Letjen Djamin Ginting, Desa Raya Berastagi, Kamis (1/9).

Karenanya menurut bupati, dalam rangka menjamin keamanan, stabilitas politik, persatuan dan kesatuan serta kewaspadaan terhadap segala dampak negatif yang dapat ditimbulkan keberadaan orang asing dan organisasi masyarakat asing di Kabupaten Karo, perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat. Sehingga pemantauan dan pengawasan yang dilakukan dapat dilaksanakan secara terarah, terkoordinasi dan berkesinambungan.

Ketua Panitia Salomo Surbakti SE mengatakan, sosialisai dilaksanakan Pemkab Karo melalui SKPD Bakesbangpol dan Linmas ini bertujuan, menjamin keamanan, stabilitas politik, persatuan dan kesatuan serta kewaspadaan terhadap segala dampak negatif yang timbul akibat keberadaan orang asing dan organisasi masyarakat asing di Kabupaten Karo.

Peserta 100 orang dari Kecamatan Berastagi dan Kecamatan Merdeka terdiri dari Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Dusun, Kepala Lingkungan, Ketua RT, BPD, Kasi Pemerintahan, Kasi Trantib, tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda. Hadir dalam acara tersebut Kaban Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Karo Drs Edison Karo-Karo MSi.

Dengan materi ‘pengawasan orang asing’ disampaikan Syaiful Mirza SSi, penelaah keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan. Izin tinggal disampaikan Andriw Guntur Simanjuntak, selaku Kasi Pengawasan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan dan ‘peran kepolisian dalam pengawasan orang asing di daerah’ disampaikan Sat Intel Polres Tanah, Zulkifli Situmorang.(RTA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

2 Responses to MASYARAKAT KARO DIMINTA WASPADAI ORANG ASING

  1. Pingback: buy 5-meo-dmt

  2. Pingback: One up Bars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *