KOPI, KOMODITAS KEBANGGAAN RI DI TINGKAT GLOBAL

MedanBisnis – Jakarta. Komoditas kopi merupakan salah satu yang layak menjadi kebanggaan Republik Indonesia (RI) di tingkat global karena telah lama dikenal bahwa produk kopi asal nusantara memiliki kualitas tingkat tinggi.
“Kopi Indonesia berkelas internasional dan semestinya bisa lebih dibanggakan masyarakat Indonesia,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron di Jakarta, Senin (15/8).

Politisi Partai Demokrat itu juga mengemukakan, berdasarkan data yang dihimpun Komisi IV DPR, penghasil terbesar dari komoditas tersebut terletak di area Perhutani.

Apalagi, di Indonesia juga dikenal memiliki sekitar dua juta petani kopi dan merupakan salah satu penyumbang komoditas pertama sektor pertanian.
Namun, ada sejumlah permasalahan yang ditemui terkait pengembangan kopi antara lain adalah tingkat konsumsi yang terus meningkat namun produksinya menurun.

Untuk itu, Herman menginginkan adanya peta jalan yang tepat dalam menjabarkan rencana strategis ke depannya dalam menyosialisasikan kopi nusantara.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno menyatakan, penyelenggaraan festival kopi Indonesia di luar negeri memberikan dampak positif tidak saja pada sektor perdagangan produk tersebut, namun turut mendorong peningkatan pariwisata daerah-daerah penghasil perkebunan.

“Memperkenalkan aneka produk kopi Indonesia ke mancanegara tentu diharapkan ekspornya dapat meningkat. Bahkan turut pula mempromosikan sektor pariwisata di Tanah Air kepada masyarakat dunia,” kata Herman saat membuka “Indonesia Coffee Festival” di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/8).

Disampaikannya, “Indonesia Coffee Festival” yang pertama ini adalah usaha untuk memperkenalkan kopi Indonesia yang beragam kepada masyarakat Malaysia dan korps diplomatik.

Kopi Gayo dari Provinsi Aceh, Kopi Malabar dari Jawa Barat, Kopi Bali dan Kopi Toraja dari Sulawesi, serta Kopi Flores dari Nusa Tenggara Timur merupakan kopi yang diperkenalkan kepada para tamu dan pengunjung yang hadir dalam dua hari kegiatan Indonesia Coffee Festival tahun ini.

Menurut dia, melalui festival ini, masyarakat dunia tidak saja disuguhkan aneka produk kopi terbaik yang diproduksi dari sejumlah daerah dari bagian barat hingga bagian timur Indonesia.

Tapi juga dikenalkan lokasi perkebunan kopi terbaik di Tanah Air. Apalagi nantinya para penikmat kopi Indonesia dapat melakukan perjalanan wisata ke sentra produsen kopi di Tanah Air. (ant)
sumber : medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *