KEJARI KARO TETAPKAN OKNUM KEPALA DESA CINTARAYAT SEBAGAI TERSANGKA

Dugaan Korupsi Penggunaan Dana Desa

Tanah Karo (SIB)- Terkait dugaan korupsi penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan Dana Bagi Hasil Pajak (DBH-P) Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp 478.811.820 di Desa Cintarayat Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, Kejari Kabupaten Karo menetapkan oknum kepala desa tersebut berinisial LG sebagai tersangka.

Kajari Kabupaten Karo melalui Kasi Pidana Khusus (Kasipidsus), Dapot Manurung SH ketika dihubungi SIB melalui telepon selulernya, Minggu (14/8) mengatakan, oknum kepala desa tersebut ditetapkan sebagai tersangka terhitung, Rabu (10/8) dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penggunaan ADD dan DD.

“Setelah sejumlah saksi tim ahli dari Tehnik Sipil USU dan juga Inspektorat Pemkab Karo melakukan perhitungan kerugian negara dalam pembangunan fisik bangunan yang ada di Desa Cintarakyat, terindikasi ada penyelewengan dana anggaran di desa itu yang merugikan negara sebesar Rp 173.000.000,” katanya.

Ia merincikan dalam penggunaan angaran itu ada kesalahan adminitrasi dalam pertanggungjawaban penggunaan ADD di desa tersebut. “Dalam administrasi disebutkan dibangun kamar mandi untuk masyarakat. Namun setelah selesai ternyata bukan dibangun kamar mandi dan sama sekali tidak ada saluran air. Sehingga pembangunan kamar mandi itu seyogianya untuk masyarakat, namun tidak bisa dimanfaatkan,” katanya.

Ia menambahkan dalam pekan ini, pihaknya akan memeriksa tersangka dalam kasus tersebut. “Bisa saja dalam pengembangan kasus itu, bakal ada tersangka yang bertambah tergantung dari hasil pemeriksaan LG,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan pelaku dikenakan pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 lebih subsider pasal 8 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun. (B01/h)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *