PEMERINTAH DIDESAK SELIDIKI STATUS KEWARGANEGARAAN MENTERI ESDM

“Pemerintah didesak melakukan investigasi secara transparan soal kewarganegaraan Menteri ESDM Archandra Tahar yang diduga memiliki dua kewarganegaraan yaitu Indonesia dan Amerika Serikat.”

JAKARTA — Status Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Archandra Tahar yang memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat menjadi polemik karena Indonesia tidak mengakui dua kewarganegaraan.

Pengamat Hukum Tata Negara dari Universitas Bengkulu, Prof. Juanda mengatakan apabila Archandra benar memiliki kewarganegaraan Amerika, maka ia otomatis kehilangan status kewarganegaraan Indonesianya.

Oleh karenanya, Archandra tidak sah menjadi Menteri ESDM dan melanggar Undang-undang kewarganegaraan dan Kementerian Negara, yang menetapkan bahwa seorang menteri harus merupakan warga negara Indonesia, ujar Juanda.

Apabila mantan presiden Petroneering, perusahaan konsultan mintak dan gas Amerika itu ingin kembali menjadi warga negara Indonesia, maka Archandra harus melalui proses prosedur untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, tambahnya.

Undang-undang kewarganegaraan mensyaratkan waktu minimal lima tahun jika tinggal terus menerus di Indonesia atau 10 tahun jika tinggal secara terputus-putus untuk mendapatkan status WNI.

Untuk itu, kata Juanda, pemerintah harus melakukan investigasi terkait hal ini. Investigasi itu, lanjutnya, harus dilakukan secara transparan dan disampaikan hasilnya kepada publik. Selain itu, pemerintah Indonesia juga harus segera melakukan komunikasi dengan pemerintah AmerikaSerikat agar kasus ini menjadi jelas, ujar Juanda.

“Harus transparan investigasinya, kalau memang ada beliau dua kewarganegaraan, pemerintah Indonesia harus menyampaikan kepada masyarakat luas ternyata diakui bahwa Archandra ini memiliki dua kewarganegaraan dan meminta maaf kepada rakyat,” ujarnya.

“Di samping itu, Presiden Joko Widodo kita bantu, biar bagaimanapun kita butuh orang Indonesia atau anak bangsa yang pintar tetapi yang lebih penting berintegritas dan bermoral, jadi saya kira harus dipecat orang seperti ini.”
sumber: voaindonesia

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

1 Response to PEMERINTAH DIDESAK SELIDIKI STATUS KEWARGANEGARAAN MENTERI ESDM

  1. Pingback: glock handguns

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *