BUPATI KARO TERIMA WARGA DESA GURUKINAYAN

Kabanjahe (SIB)- Bupati Karo menerima puluhan warga Desa Gurukinayan yang tinggal di luar Desa Gurukinayan di aula kantor Bupati Karo, Senin (1/8).
Kedatangan warga tersebut ingin mempertanyakan status mereka yang tidak terdaftar pada SK Bupati Karo No : 361/139/BPBD/2016 tertanggal 10 Juni 2016 sebagai penerima dana ganti rugi rumah dan lahan dalam proses relokasi mandiri.

Sebagian warga Desa Gurukinayan tersebut memang tidak tinggal di Desa Gurukinayan, namun mereka memiliki lahan dan/atau rumah di Desa Guru Kinayan. Selama ini, beberapa di antara mereka tetap berladang di Desa Gurukinayan dan sering bolak balik. Sebagian memiliki rumah di desa tersebut namun menetap di daerah lain.

Menjawab permintaan warga tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan, bahwa sebaiknya para warga duduk bersama dengan kepala desa dan penduduk Desa Gurukinayan lainnya untuk membahas masalah ini, sehingga dapat diperoleh data yang valid mengenai jumlah lahan dan rumah penduduk. Data tersebut kemudian akan ditindaklanjuti dengan melaporkannya ke BNPB.

Perwakilan BPBD Kabupaten Karo Suharta mengatakan, sesuai ketentuan pemerintah pusat penduduk akan dibantu lahan. Data yang ada di BPBD Kabupaten Karo saat ini bersumber dari Kepala Desa Gurukinayan dan ini sudah diverifikasi tim pendamping nasional dan BPBD Kabupaten Karo. Dan ketika dilakukan pemeriksaan, ternyata para warga desa tersebut sudah terdata, namun didata pada SK susulan penerima dana ganti rugi.

Turut hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karo Effendy Sinukaban, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Kapolres Tanah Karo AKBP Pangasian Sitio, Danyon 125 Simbisa, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabanjahe Ricardo Simanjuntak, dan Asisten Pemerintahan Kabupaten Karo Suang Karo-Karo. (B03/h)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *