USAHANYA DIPROTES, INI KATA PEMILIK RUMAH MAKAN BPK

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang akan meninaju izin rumah makan Babi Panggang Karo (BPK) yang ada di sekitar Kantor Bupati Deliserdang dan Jalinsum. Hal ini ditegaskan oleh Asisten I Pemkab Deliserdang Syafrullah menjawab tuntutan massa ormas Islam yamg berdemo tadi siang, Jumat (22/7/2016)

“Kita akan menampung anspirasi ini dan menyampaikannya ke Bupati. Kita akan meninjau izinnya,” tegas Syafrullah.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Apoan Simanungkalit mengungkapkan, tuntutan massa sudah didisposisikan ke komisi terkait untuk melaksanakan rapat dengar pendapat.

“Ini akan didisposisikan ke komisi terkait untuk dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP),” tegas Apoan.

Sementara itu, Hendri Duin (44) pemilik rumah makan Tessalonika mengaku menyesalkan adanya aksi itu. Sebab, rumah makan miliknya memiliki izin mendirikan bangunan yang peruntukannya sebagai rumah makan. Selain IMB, rumah makan yang berdiri sejak 8 Juli 2008 itu juga memiliki Amdal.

Menurutnya, saat rumah makan beroperasi di Lingkungan II Kelurahan Petapahan tidak pernah ada masalah. Keberatan muncul sejak rumah makan pindah ke Lingkungan III yang berjarak sekira 300 meter dari lokasi sebelumnya.

Padahal, kata dia, kondisi bangunan rumah makan saat ini pun jauh lebih baik dari sebelumnya. “Bangunannya kan sudah permanen berlantai dua dengan pagar tembok keliling,” keluhnya.

Saat pembukaan atau grand opening dilaksakan pada 6 Juli lalu, pemilik rumah makan sudah melakukan silatutahmi dengan warga sekitar dalam rangka buka puasa.

“Saat kita tanya berapa banyak warga muslim yang berbuka puasa kita berian bantuan untuk berbuka puasa. 120 nasi kotak kia bantu,” sebut Hendri.

Namun belakangan warga sekitar malah merasa terganggu dengan alasan asap. Sebagai respon, lanjut Hendri, corong asap pun ditinggikan hingga 15 meter dari atap bangunan. “Retribusi urus IMB sekitar Rp32 juta lebih. Pajak restoran setiap bulan Rp1.657.000 per bulan,” sebutnya.(walsa)
sumber: metro-online

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *