KETUA DPRD SIMALUNGUN MINTA DANAU TOBA DIKEMBALIKAN JADI SUMBER AIR BERSIH

Pematangsiantar (SIB)- Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba meminta agar Danau Toba dan sekitar dikembalikan menjadi sumber air bersih dan diharapkan tidak ada lagi pencemaran. Pemerintah dan masyarakat hendaknya saling mendukung dan bekerjasama dalam upaya memajukan kawasan Danau Toba.

Dikatakan kepada SIB, Jumat (3/6), Danau Toba harus dijadikan kawasan pariwisata menarik seperti 30 tahun lalu. “Kita sangat merindukan agar kawasan Danau Toba dapat menjadi kawasan yang bersih dari pencemaran. Untuk itu diharapkan agar semua elemen masyarakat saling mendukung pelestarian alam sekitarnya,” ujarnya.

Segala kegiatan maupun usaha yang mencemari kawasan Danau Toba hendaknya ditutup dan dilakukan pembenahan dan pembersihan sehingga kawasan Danau Toba dan sekitarnya dapat menjadi sumber air bersih dan semakin menarik untuk dikunjungi. Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten yang berada di sekitar kawasan Danau Toba harus peduli dan memberikan perhatian yang serius terhadap kemajuan Danau Toba. Juga perlu saling mendukung, bersinergi dan bekerjasama serta berkoordinasi di antara kabupaten. Dukungan dari pemerintah pusat sangat diharapkan, terutama dalam upaya perbaikan jalan/infrastruktur yang menghubungkan daerah yang satu dengan yang lainnya.

Masyarakat kawasan Danau Toba hendaknya semakin membuka diri dan menerima perubahan yang positif, semakin meningkatkan kesadaran wisata sehingga terjalin hubungan yang semakin harmonis dengan wisatawan yang berkunjung. Namun diharapkannya jangan sampai tercabut akar budaya dari dampak masuknya budaya modern.

Upaya membersihkan keramba jaring apung (KJA) di Parapat dan Haranggaol harus disertai solusi untuk membantu masyarakat yang sudah menjadikan KJA menjadi sumber mata pencaharian.

Dengan Badan Otorita Danau Toba diharapkannya akan mampu untuk melakukan upaya-upaya pembenahan dan menjadikan kawasan Danau Toba menjadi obyek wisata yang semakin diandalkan dan diminati baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. (CO3/d)
sumber: hariansib

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *