HARI INI, RIBUAN MASYARAKAT HADIRI PEMBUKAAN PESTA MEJUAH-JUAH 2016 DI BERASTAGI

Beritasumut.com-Ribuan masyarakat menghadiri pembukaan Pesta Budaya Mejuah-juah Tahun 2016, di Taman Mejuah-juah Berastagi, Sabtu (28/05/2016). Perayaan Pesta mejuah-juah diawali dengan Pawai Kontingen dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karo dan perwakilan SMP dan SMA Negeri/swasta Kecamatan Berastagi.

Peserta pawai disambut Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Drs Elisa Marbun mewakiili Gubernur Sumatera Utara, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Perwakilan Pangdam I/BB Kol Kav Halilintar Sembiring, Kapolres Tanah Karo AKBP Pangasian Sitio, Dandim 0205/TK Letkol Agustatius Sitepu, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Sekdakab Karo dr Saberina MARS, Anggota DPRD Kabupaten Karo.

Kegiatan pesta budaya mejuah-juah dilaksanakan sebagai wujud kedepulian atas situasi bencana erupsi Gunung Sinabung, sehingga panitia mengemas sebuah penampilan budaya-budaya ‘Mejuah-juah for Sinabung’ dengan aksi penggelaran opera/pentas seni anak-anak pengungsi Sinabung.

“Acara ini untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Karo, meningkatkan arus kunjungan wisata, meningkatkan daya tarik destinasi wisata, memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan dan menumbuhkan kepedulian terhadap musibah bencana erupsi Gunung Sinabung,” ujar Ketua Panitia Drs Suang Karo-Karo dilansir dari laman resmi karokab.go.id.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Berahmana SH dalam sambuatannya menyampaikan bahwa event pesta budaya mejuah-juah merupakan salah satu sarana pelestarian budaya Karo yang merupakan kearifan lokal sekaligus sebagai aset budaya bangsa. “Event ini juga sebagai wujud kepedulian pemeritah Kabupaten Karo terhadap erupsi Gunung Sinabung yang dikemas dalam kegiatan budaya dengan penuh pengharapan dan doa agar erupsi Sinabung berhenti, sehingga masyarakat Karo dalam keadaan Mejuah-juah,” sambungnya.

“Kebudayaan Karo menarik bagi wisatawan karena memiliki karateristik tersendiri, unik dan berbeda dengan budaya suku lain di Indonesia, sehingga diharapkan melalui pelaksanaan event budaya ini meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Karo yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama di Sumatera Utara,” pungkasnya menambahkan. (BS02)
sumber: beritasumut

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *