“USAID” BANTU PEMKAB TOBASA IMPLEMENTASIKAN KURIKULUM PENDIDIKAN

Balige, Sumut ( Berita ) : Badan bantuan pembangunan internasional United States Agency for International Development (USAID) Prioritas memberi dukungan untuk mengimplementasikan kurikulum 2014 guna meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

“Dukungan itu diwujudkan lewat pelatihan 240 tenaga pendidik dari tingkat SD/MI dan SMP/MTs,” ujar Koordinator USAID Prioritas Provinsi Sumatera Utara, Agus Marwan di Balige, Jumat [25/04].

Bagi para guru, kata dia, pelatihan itu dinilai sangat tepat, sebab akan menyediakan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif (active learning) yang menjadi fondasi kurikulum pendidikan 2014.

Sedangkan bagi Kepala sekolah dan komite sekolah, pelatihan itu mampu meningkatkan kemampuan mengelola sekolah berbasis mutu, kata Marwan saat pembukaan praktik pelatihan tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Aula SMKNegeri 1 Balige, Tobasa.

Ia menjelaskan, program USAID prioritizing reform, innovation, opportunities for reaching indonesia¿s teacher, administrators, and students (PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh badan pembangunan internasional Amerika.

Program ini, lanjutnya, didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.

“USAID prioritas merupakan badan bantuan pembangunan internasional Amerika yang melakukan kerjasama dengan pemerintah Indonesia sebagai kelanjutan program descentralized basic education (DBE) dimulai sejak 1 Mei 2012 hingga 30 April 2017,” kata Agus.

Sekda Kabupaten Tobasa, Liberty Manurung menyatakan pihaknya siap mendukung program pendidikan yang akan dilaksanakan USAID Prioritas di daerah itu, dalam peningkatan akses pendidikan dasar yang berkualitas.

Liberty menyatakan optimistisnya, program tersebut mampu meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu

“Masyarakat Tobasa merasa sangat bersyukur, sebab dari sekian banyak Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, kami telah mendapat perhatian khusus dari USAID Prioritas,” tambah Liberty. (ant )
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to “USAID” BANTU PEMKAB TOBASA IMPLEMENTASIKAN KURIKULUM PENDIDIKAN

  1. Pingback: albino a+ mushrooms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *