BIR TAK BOLEH DIJUAL DI WARUNG KECIL

MedanBisnis – Jakarta. Penjualan minuman beralkohol golongan A yaitu dengan kadar 0-5% (bir) hanya bisa dilakukan di ritel/minimarket/hipermarket/supermarket. Sedangkan untuk penjualan di warung kaki lima/kelontong (warung kecil) dilarang.
“Toko kelontongan sudah tidak boleh jual, sebaiknya memang begitu tidak boleh, makanya itu nanti di pengawasan yang harus diperkuat,” ungkap Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Widodo saat berdiskusi dengan media di Kantor Kemendag Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Kemendag telah mengeluarkan aturan pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol minuman beralkohol yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 20/M-DAG/PER/4/2014.

Ia menegaskan dengan diterbitkannya aturan itu maka otomatis warung kelontong dilarang memperjual-belikan minuman beralkohol. Ia mengakui pihak Kemendag tidak dapat melakukan penyitaan terhadap produk minuman beralkohol bila ditemukan di warung kelontong.

Kemendag sudah menggandeng pihak Kepolisian yang mempunyai otoritas melakukan penyitaan di lapangan.

“Maka kita akan bentuk tim terpadu termasuk Polri yang akan backup kita. Jadi kalau ada apa-apa biar mereka karena Polisi punya otoritas,” tuturnya.

Selain itu ia juga menegaskan akan melakukan cek dan ricek ulang keberadaan minuman beralkohol di tingkat ritel modern. Jangan sampai minuman beralkohol dengan kadar di atas 5% (selain bir) diperjual-belikan secara bebas di tingkat ritel.

“Pengawasannya di ritel seperti anggur kita akan uji apakah lebih dari 5% kandungan alkoholnya. Kalau lebih dari 5% melanggar banget. Kemudian dia ada tempat khusus nggak, nanti saat menjual kalau tidak ada itu pelanggaran. Lalu tempatnya dimana kalau di sekolah, tempat ibadah itu jadi fokus pengawasannya,” jelasnya.(dtf)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to BIR TAK BOLEH DIJUAL DI WARUNG KECIL

  1. Pingback: Glo Extracts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *