PERJUANGAN KARTINI MOTIVASI BAGI KAUM PEREMPUAN

Lubuk Pakam-andalas Perjuangan Kartini terhadap kaum perempuan harus menjadi motivasi terhadap kaum perempuan di Indonesia agar bisa berbuat lebih baik. Ibu Kartini merupakan sosok wanita yang sepanjang hidupnya digunakan untuk memperjuangkan hak-hak wanita. Kartini berjuang dengan gigih agar para putri bangsa bisa mendapatkan pendidikan lebih baik.

Atas perjuangan Ibu Kartini, kini kaum perempuan telah sama kedudukannya dengan kaum laki-laki. Baik pendidikan, di bidang pemerintahan maupun bidang lainnya. Karenanya, kaum perempuan juga sangat berperan terhadap terlaksananya pembangunan.

“Sebab, wanita (perempuan) adalah tiang negara. Apabila baik wanitanya, maka baiklah negaranya, tapi bila buruk wanitanya maka buruk pulahlah negaranya,”kata Ny Yunita Ashari Tambunan, saat membuka seminar tentang perjuangan RA Kartini dalam menempatkan derajat perempuan yang diselenggarakan Dharma Wanita Dikpora Deli Serdang di Gedung Cadika Lubuk Pakam, Senin (21/4).

Ketua TP PKK didampingi Ketua GOPTKI Hj Asdiana Zainuddin, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Titik Asrin Naim, Kadis Dikpora Hj Sa’adah Lubis SPd MAP, juga mengajak kaum perempuan di daerah itu untuk bergandengan tangan bersama dalam merencanakan dan melaksanakan suatu kegiatan atau program yang dapat menyentuh bagi keluarga maupun masyarakat.

Sebagaimana tercantum dalam Panca Dharma Wanita, bahwa istri sebagai pendamping suami, istri sebagai penerus keturunan, sebagai pendidikan anak, sebagai pencari nafkah tambahan, dan sebagai anggota masyarakat yang baik.

Kita tak inginkan terjadinya kekerasan dalam rumahtangga,kekerasan terhadap kaum perempuan.Kekerasan terhadap anak dan pelecehan seksual. “Untuk itu, mari kita sama-sama untuk mengawasi dan menjaga keluarga kita agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tak kita inginkan,”ujarnya.

Ditambahkan, rintisan dan perjuangan Kartini di masa lalu hendakanya kaum perempuan sekarang ini dapat mengambil estafet perjuangan tersebut untuk diteruskan kepada generasi berikutnya.

Sudah sepantasnya, perjuangan Kartini benar-benar dihargai dan dimaknai sepanjang zaman sebagai tanda terimakasih atas perjuangannya untuk memajukan wanita Indonesia.

Pada kesempatan itu, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan didampingi Hj Asdiana Zainuddin Mars, Hj Titik Asrin Naim dan Kadis Dikpora Hj Sa’adah Lubis menyerahkan paket sembako dan tali asih kepada puluhan warga kurang mampu.(TH)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *