TANGGAPAN GEMPA BUMI BENGKULU 16 APRIL 2014

Bersama ini kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di sebelah Baratdaya Bengkulu Selatan berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta dan USGS, Amerika Serikat dan sumber lainnya sebagai berikut:

1. Gempa bumi terjadi pada hari Rabu , tanggal 16 April  2014 jam 13:26:38. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 4,96°LS dan 102,77°BT, dengan magnituda 5,0 SR pada kedalaman 22 km, berjarak 77 km Baratdaya Bengkulu selatan .sedangkan menurut USGS pusat gempa bumi berada pada koordinat 5,039°LS dan 102,692°BT, dengan magnituda 4,8 MW pada kedalaman45,9  km, berjarak 144 km tenggara  Bengkulu

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi:

Daerah yang dekat dengan pusat gempa bumi disusun oleh endapan aluvial pantai, batuan vulkanik dan batuan sedimen berumur Tersier yang sebagian besar telah mengalami pelapukan. Batuan – batuan tersebut pada umumnya  bersifat, urai, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek goncangan gempa.

3. Penyebab gempa bumi:

Berdasarkan data posisi dan kedalaman pusat gempa bumi, kejadian gempa bumi tersebut diperkirakan aktivitas di zona akresi. Zona tersebut terbentuk akibat aktivitas tumbukan lempeng antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera.

4. Dampak gempa bumi:

Kejadian gempa bumi tersebut tidak terasa Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun korban jiwa yang ditimbulkan oleh kejadian gempa bumi tersebut.

5. Rekomendasi:

1. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari Pemerintah Daerah setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

2. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang energinya lebih kecil dari gempa bumi utama.

3. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, pusat gempa bumi terletak di darat , namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu terjadinya tsunami.
sumber : esdm

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

1 Response to TANGGAPAN GEMPA BUMI BENGKULU 16 APRIL 2014

  1. Pingback: liberty cap mushrooms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *