PEMERINTAH DIMINTA TUNDA PROGRAM SWASEMBADA DAGING

MedanBisnis – Jakarta. Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Impor Daging Indonesia (Aspidi) Thomas Sembiring minta pemerintah agar menunda program swasembada daging hingga beberapa tahun ke depan.

Thomas Sembiring di Jakarta, Selasa (8/4), mengatakan, penundaan program swasembada daging atas pertimbangan belum stabilnya pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

“Swasembada daging terkesan dipaksakan tanpa memperhitungkan kondisi di lapangan, seperti ketersediaan pasokan, pertumbuhan konsumsi, dan pertumbuhan produksi,” katanya.

Thomas mengatakan populasi sapi potong pada 2013 hanya sekitar 12,62 juta ekor atau turun 2,12 juta ekor dibanding tahun 2011. Di sisi lain, populasi sapi perah juga turun 143.937 ekor menjadi 453.188, padahal tahun 2011 masih mencapai 597.135 ekor.

Populasi kerbau juga tercatat turun, yang pada 2013 hanya 1,098 juta ekor atau turun 207.000 ekor dari 1,305 juta ekor pada 2011. “Kondisi ini fakta, jadi kurang tepat jika pemerintah tetap mengejar swasembada pada akhir 2014,” katanya.

Jika itu dipaksakan, maka menurut dia, hampir dapat dipastikan target-target akan sulit untuk terpenuhi. Ia minta pemerintah untuk realistis dan menyusun program swasembada daging nasional yang lebih terencana sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejateraan peternak di Indonesia. (ant)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

1 Response to PEMERINTAH DIMINTA TUNDA PROGRAM SWASEMBADA DAGING

  1. Pingback: Buy Marijuana strains wholesale

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *